Diharapkan Jadi Wasit yang Baik

 243 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG, KS-Sejumlah partai politik peserta pemilu, menaruh harapan besar terhadap komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, yang telah dilantik oleh Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, Kamis (7/11).

Mereka berharap komisioner KPU Sumsel yang baru, tidak hanya bisa menjadi wasit yang baik dalam pelaksanaan pemilihan umum (pemilu), tetapi juga dapat memilih komisioner KPU kabupaten dan kota, yang benar-benar mumpuni dan mempunyai integritas yang baik.

Harapan ini diungkapkan Ketua Dewan Penasehat DPD Partai Gerindra Sumsel, Budiarto Masrul, saat ditemui di DPRD Sumsel Jumat (8/11). Menurutnya, dengan dilantiknya komisioner KPU Sumsel yang baru, diharapkan dapat menjadi wasit yang baik dan netral.

Selain itu lanjut Budi, karena KPU Sumsel yang baru ini akan menentukan komisioner KPU kabupaten/kota se Sumsel, maka ia meminta agar komisioner KPU Sumsel dapat memilih anggota KPU kabupaten/kota berdasarkan kemampuan dan integritasnya, bukan karena kedekatan emosi atau karena senang dan tidak senang terhadap calon tersebut.

“Kita berharap KPU Sumsel yang baru ini, bisa menghasilkan KPU kabupaten/kota yang punya integritas, dan kemampuan yang baik. Sehingga pemilu, pilpres maupun pemilukada bisa berjalan lancar, serta tidak menuai banyak protes dari masyarakat terkait soal pelayanan, seperti distribusi logistik, DPT dan lainnya,” ujar Budi.

Harapan yang sama juga disampaikan fungsionaris DPW PAN Sumsel, Yudi F Bram. Menurutnya, komisioner KPU yang baru dapat melaksanakan tugasnya secara profesional dan lebih baik.  “Pemilukada Kota Palembang dan Empat Lawang, diharapkan bisa menjadi pelajaran berharga bagi komisioner KPU, untuk tidak mempermainkan hukum,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik, Kamis (7/11) melantik lima komisioner KPU Sumsel Periode 2013-2018, yang dituangkan dalam Keputusan KPU Nomor 914/Kpts/KPU/2013 tanggal 6 November 2013.

Kelima komisioner KPU Sumsel yang baru tersebut yakni Aspahani SE MM,Ak sebagai ketua. Kemudian Liza Lizuarni SE, Heny Susantih, S.Pd, M.Si, Ahmad Naafi, SH, M.Kn, dan Alexander Abdullah, SH, M.Hum sebagai anggota.

Pelantikan yang dilakukan di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol No. 29, Jakarta tersebut dihadiri komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah,  perwakilan dari KPU Sumsel, serta para pejabat di lingkungan Sekretariat Jenderal KPU.

Husni Kamil Manik dalam kesempatan itu menyebut, ada empat syarat suatu pemilu yang baik. Ke empat syarat itu yakni, ada undang-undang pemilu yang dapat menjadi dasar bagi penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil.

“Kedua, adanya suatu penyelenggara pemilu yang benar-benar mandiri dan netral. Ketiga, adanya prosedur administratif, yang mampu menjamin pelaksanaan pemberian suara secara mudah dan bebas dari rasa takut.  Dan terakhir, adanya pemilih yang memiliki kesadaran penuh akan hak-hak dan kewajibannya.” ucapnya.

“Komisioner KPU Sumsel, yang baru saja dilantik harus benar-benar mandiri dan netral dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu,” harapnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster