Pendapatan Pajak Kendaraan di OI Tembus Rp25,6Miliar

 191 total views,  2 views today

Ilst. Pajak

Ilst. Pajak

INDERALAYA|KS-Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD), Kabupaten Ogan Ilir (OI), mencatat, hingga Oktober lalu, pendapatan pajak kendaraan berupa mobil dan motor di Kabupaten Ogan Ilir (OI) tembus 81 persen atau sekitar Rp 25,666,501 417 dari target yang ditentukan Rp 31,763,688.

Namun sayangnya, dari jumlah tersebut, penunggak pajak juga cukup tinggi yakni Rp2,7miliar.

Ka. UPTD Dispenda, Ogan Ilir, Erdian Syahri, Kamis (7/11) mengatakan, dari yang ditargetkan, dirinya mengaku optimis hingga akhir tahun pencapaian 100persen.

“Ya, kita optimis akan 100 peresen, tapi sekurang-kurangnya 95persen,” ungkapnya.

Ia menambahkan, biasanya ada penyebab tidak tercapainya target tersebut yaitu kurangnya kesadaran akan pentingnya pajak untuk pembangunan daerah, kelalaian. “Selain itu banyak kendaraan yang kredit lantaran tidak terbayar dikembalikan ke leasing tapi pajaknya masih tercatat disini, padahal harus dilaporkan,” katanya.

Ia meneybutkan, jumlah penunggak pajak kendaraan 80persen didominasi kendaraan pribadi sisanya perusahaan. Bahkan, pihaknya sudah menyurati tiga penunggak pajak besar.

“Ada nama Indra Kusuma,  warga Kecamatan Pemulutan Rp 52,5juta berupa penunggakan pajak truk tronton rino. Fitriyani warga Tanjung Batu Rp21,3juta berupa mobil Honda Jazz. PT Ligasin pajak Truk hino di Jalan Raya Prabu Palem raya Rp41,2jt. Kita sudah surati ke pembayar pajaknya, bahkan melibatkan kades dan meminta bantuan bupati untuk mengingatkan masyarakatnya,” tuturnya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat agar taat membayar pajak kendaraan tepat waktu di Samsat OI. Menurutnya, tujuan akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan.

“Kalau Samsat kan sifatnya satu atap jadi disini ada pajak dispenda, polisi, bank, jasa raharja,” katanya.

Disinggung soal target, Eriyadi menjelaskan, dari tahun ke tahun jumlahnya meningkat, tahun 2014 Rp39milyar. Sebelumnya tahun 2013 Rp31,7miliar dan tahun 2012 Rp31milyar.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster