Pasien KPS Tetap Dilayani

 219 total views,  2 views today

Ilst. | republika.co.id

Ilst. | republika.co.id

PALEMBANG, KS-Meskipun Kartu Palembang Sehat (KPS) akan segera ditarik, namun sejumlah Puskesmas masih tetap melayani pasien pengguna KPS. Seperti di Puskesmas Pembina, KPS tetap diberlakukan.

Kepala Puskesmas Pembina, dr Erviana mengatakan, pihaknya memang telah mendengar wacana penarikan KPS tersebut. Namun, instruksi untuk menarik KPS, sampai saat ini belum diterima. Oleh karena itu seluruh pasien yang menggunakan KPS, tetap dilayani seperti biasa.

“Penarikan KPS baru sebatas rencana, belum ada secara resmi instruksinya. Sebenarnya tidak ada yang berubah untuk pelayanan, hanya logo saja yang berganti,”kata dr Erviana ketika dibincangi, Kamis (7/11).

Erviana mengatakan, untuk wilayah Puskesmas Pembina, KPS tersalur saat ini kurang lebih lima ribu lembar. Namun ia tidak mengetahui, apakah dari lima ribu penerima KPS itu, semuanya sudah menggunakan fasilitas tersebut atau tidak.

“Yang pasti, di Puskesmas Pembina ini seluruhnya gratis, apakah memakai KPS atau asuransi lainnya tetap gratis. Walaupun belum ada penarikan KPS, tetapi kami telah mensosialisasikan hal itu pada masyarakat sebagai pengguna,”ulasnya.

Erviana berpendapat, ada tidaknya KPS tidak perlu membebani pikiran masyarakat, karena tetap dapat berobat gratis. “Itu sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah,”katanya

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, dr Anton Suwindro, belum bisa berkomentar banyak terkait ada penundaan penarikan KPS tersebut. Sebab jelas dia, Dinkes harus berkoordinasi dengan sejumlah elemen. Misalnya berkoordinasi dengan rumah sakit, ataupun Askes. “Ini belum matang, jadi harus dimatangkan dulu dengan membicarakannya pada pihak terkait. Nanti kalau sudah selesai urusannya baru diberitahukan,” jelas Anton.

Hal lain yang menunda penggantian KPS ini, Anton menambahkan, dikarenakan adanya layanan Badan Pelayanan Penjaminan Sosial (BPJS) kesehatan, yang berlaku mulai Januari 2014. “Kita masih menunggu, jadi semua masyarakat tidak perlu khawatir, karena layanan berobat gratis masih bisa,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi

Pasien KPS Tetap Dilayani





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster