Kapolresta : Pemahaman Lalin Harus Sejak Dini

 325 total views,  2 views today

Kapolresta Pagaralam saat menjadi inspektur upacara dalam kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak), Kamis (7/11).

Kapolresta Pagaralam saat menjadi inspektur upacara dalam kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak), Kamis (7/11).

PAGARALAM, KS—Pemahaman berlalu lintas harus ditanamkan sejak dini. Mengingat hal itu masih bisa dibentuk dengan karakter yang baik termasuk dalam berperilaku di jalan raya.  Anak-anak usia dini yang masih polos dapat dibentuk karakternya menjadi anak-anak yang berdisiplin dan bertanggung jawab, terutama dalam berlalu lintas.

Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Pagaralam, AKBP Saut P Sinaga, saat kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak), di Halamana Mapolresta Pagaralam, Kamis (7/11).

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun dengan melibatkan anak-anak usia dini. Ini dimaksudkan agar sejak usia belia mereka sudah memahami dan mengerti aturan berlalu lintas sehingga dapat membentuk kedisiplinan berlalu lintas dan dapat membentuk karakter tertib yang dapat dibawa sampai dewasa,” ungkapnya.

AKBP Saud menambahakan, pemahaman rambu lalulintas serta tertib di jalan raya perlu diberikan kepada anak sejak dini. Langkah demikian sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) pada masa-masa mendatang. Selain itu kegiatan ini merupakan upaya untuk mendekatkan anak-anak kepada polisi sehingga anak-anaa tidak akan menghindar  atau menangis jika melihat polisi.

“Program ini lebih populer dengan istilah Polsanak. Adapun tujuannya antara lain melatih kedisiplinan serta menanamkan sikap santun di jalan raya kepada anak sejak dini. Program ini dilaksanakan sekarang, kita yakini akan bermanfaat bagi anak kelak saat dewasa,” kata Kapolres.

Sementara itu, ribuan anak-anak dari PAUD/TK se-Kota Pagaralam berkesempatan belajar mengenal lalulintas langsung dengan Kasatlantas AKP Herry Widodo. Rombongan anak didik usia belia itu mengikuti kegiatan dengan penuh antusias.

Selain itu anak-anak diajak juga untuk mengenal ruangan-ruangan yang ada di Mapolres termasuk ruangan Kapolres. Selanjutnya dengan antusias mereka melihat langsung mobil dan motor patroli polisi lalu lintas serta berfoto bersama bersama Kapolres, Wakapolres, dan Kasatlantas serta personil polisi yang lain.

Avin dan Nathan, siswa TK Al-fath  Pagaralam mengaku senang bertemu bapak dan ibu polisi. “Mereka baik-baik,” katanya singkat.

Sedangkan para orang tua juga menyambut baik kegiatan ini.  “Ketika tahu akan bertemu langsung dengan bapak dan ibu polisi anak saya sangat gembira. Sejak pagi anak saya sudah ribut meminta diantar ke acara ini,” kata Eko, orang tua salah seorang siswa.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster