Granat Perang Tertanam di Depan PT Pusri

 248 total views,  2 views today

Ilst. Granat

Ilst. Granat

PALEMBANG, KS – Para pekerja penggali parit, yang sedang berkerja menggali parit di Jalan Mayor Zen, tepatnya di depan PT Pusri, Kecamatan Kalidoni terpaksa terhenti. Pasalnya cangkul seorang perkerja yang sedang menggali mengenai benda logam, yang belakangan merupakan granat aktif.

Edi (29), pekerja yang pertama kali menemukan granat itu sangat kaget, saat menggali parit, Kamis (7/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Ia menemukan sebuah besi yang sudah berkarat.

Setelah diteliti, sambungnya, besi tersebut rupanya granat sisa peninggalan perang dunia kedua. Granat yang berbentuk seperti manggis itu masih lengkap dengan pemicunya.

“Saya kira besi, tetapi waktu diperhatikan lagi itu adalah granat, karena tidak mau terjadi apa-apa. Seorang teman saya langsung melaporkan penemuan itu kepada mandor dan dilanjutkan ke Polisi,” ungkapnya.

Kapolsekta Kalidoni Palembang, AKP Tri Sumarsih, mengatakan benda yang diduga granat itu pertama kali ditemukan oleh seorang pekerja pelebaran jalan di lokasi. Mulanya, pekerja itu hendak menggali parit yang ada di depan pagar PT Pusri. Tiba-tiba, ujung cangkulnya mengenai benda keras yang ada di selokan itu.

“Penasaran, pekerja yang sekarang masih kita mintai keterangan itu melihat benda tersebut. Begitu diperiksa, bendanya menyerupai granat,” kata AKP Tri.

Sambung AKP Tri, usai menerima laporan terkait penemuan itu, pihaknya langsung datang ke TKP. Di lokasi, warga sudah ramai untuk menyaksikan benda yang diduga granat itu. Hanya saja, benda itu tidak disentuh karena masyarakat setempat takut meledak jika menyentuhnya.

Benda yang diduga granat itu berbahan dasar besi lengkap dengan pemicunya. Bentuknya menyerupai buah manggis, yakni bulat. Belum diketahui pasti apakah benda itu memang granat atau bukan.

“Kita akan koordinasi dengan tim gegana untuk mencari tahu kejelasannya. Untuk sementara, benda yang diduga granat ini kita amankan dahulu di polsekta,” punkas Kapolsek.

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster