Dana PNPM Mandiri Rp 1 M Dibawa Lari Ketua

 375 total views,  2 views today

DUIT

BANYUASIN_|KS-Dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Kecamatan Betung diduga dibawa kabur oleh ketuanya berinisial HT, warga Taja Indah, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin.

Akibatnya proyek fisik dua kelurahan dan tiga desa di dalam Kecamatan Betung terancam gagal.

Camat Betung Alfian melalui Kasi PMD Kecamatan Betung Abdulah Sani  saat ditemui mengatakan, dana yang diduga dibawa lari oleh HT hampir mencapai Rp 1 milyar. “Kalau tidak salah lebih dari Rp 846 juta, dana PNPM Mandiri yang di bawa kabur,” unkap Sani, Kamis (7/11).

Ia menambahkan, dari jumlah Rp 846 juta  tersebut. Rp 350 jutanya merupakan dana simpan pinjam dari 35 kelompok. “Jadi dana untuk fisiknya sekitar Rp 400 juta lebih,” tambahnya.

Akibat dari dibawa lari uang tersebu, lanjut dia, proyek fisik terancam batal dan terancam tidak akan dapat kucuran lagi. “karena pusat tidak mungkin mencairkan lagi kalau Surat Pertanggungjawabanya (SPJ), belum dilaporkan,” ucapnya

Satu-satunya jalan, kata dia, yakni adanya dermawan bisa membantu untuk menggantikan uang yang dibawa lari tersebut. “Kalau tidak demikian bisa-bisa daerah kita di black list,” tandasnya.

Ia menambahkan, untuk permasalahan ini sudah ditangani oleh pihak yang berwajib. “Permasalahan ini sudah dilaporkan ke Polres Banyuasin, kalau tidak salah HT sudah ditetapkan sebagai DPO,” sambungnya.

Terpisah, Kapolres Banyuasin AKBP Achmad Iksan melalui Kasat Reskrim AkP Efendi Simanjuntak saat dihubungi membenarkan bahwa pihaknya telah menerima laporan dari salah satu anggota PNPM Mandiri di Kecamatan Betung.

“Ya, kita telah menerima laporan mengenai dugaan penggelapan dana PNPM. Seluruh saksi-saksi sudah kita mintai keterangan termasuk dari pihak Bank Sumsel. Sementara untuk tersangka sudak beberapa kali  kita lakukan pemanggilan namun tidak juga datang sehingga kita tetapkan dalam Daftar Pencarian Orang ( DPO),” pungkasnya.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster