Targetkan 1000 Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Ilst.

Ilst.

PALEMBANG | KS –Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (MKM) akan menyalurkan bantuan modal kepada mahasiswa di sumsel yang ingin menjalankan wirausaha. Pihak kementrian Koperasi dan UMKM sendiri menargetkan untuk membantu 1000 mahasiswa sumsel dan diharapkan menjadi entrepreneur.

Abdul Sobur Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel mengatakan Kementerian UMKM akan mengucurkan Modal sekitar Rp10 juta — Rp20 juta per mahasiswa yang ingin berwirausaha. Untuk sumber dana bantuan, dia memastikan  dana bantuan berasal dari pemerintah pusat.

“Pemerintah akan berikan bantuan kepada 1.000 UKM yang digerakan oleh para mahasiswa, besaran alokasinya berkisar  Rp10 juta — Rp20 juta per orang, bergantung pada jenis usaha yang dijalankan dan besaran pengajuan ,”ujarnya (6/11).

Para Mahasiswa yang ingin ikut  UKM mahasisawa ini Sobur mengemukakan pemerintah tidak menetapkan persyaratan yang sulit. “Yang berminat kami siapkan modal dengan agunan berupa ijazah dan membuat proposal, ajukan kepada kita itu saja, logikanya kalau tidak bisa buat proposal, bagaimana bisa mereka menjadi pengusaha,”katanya.

Lajut sobur Sekarang  kita lagi meperkenalkan program ini kepada para Mahasiswa yang ada di sumatera selatan, pihaknya berharap banyak Mahasiswa yang ikut program ini.

Sobur mengatakan, untuk  pengawasan Dana dan penyalaurannya ada Tim dari kementerian, dari Dinas koperasi Dan UKM sebagai Fasilitatornya.

Menurut dia, saat ini perkembangan UMKM yang ada di Sumsel masih sangat terpusat pada  sektor makanan atau kuliner.

“Kita utamakan dari sektor Produksi, karena membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain seperti sektor produksi makanan, itu yang sudah teruji walau banyak juga yang sifatnya masih musiman,”Ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel Nasrun Umar menambahkan, pihaknya kini sudah menyiapkan graha tekstil yang berpusat di Dekranasda Jakabaring untuk mendukung perkembangan UMKM di bidang lain.

“Dengan ada graha ini, semua permasalahan terkait bahan baku bisa terselesaikan,”ungkapnya.

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com