Anggaran Pelantikan Gubernur Diprotes

 199 total views,  2 views today

 

Prosesi Gladiresik pengambilan sumpah dan pelantikannya sebagai Gubernur dan wakil Gubernur periode 2013-2018 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC),

Prosesi Gladiresik pengambilan sumpah dan pelantikannya sebagai Gubernur dan wakil Gubernur periode 2013-2018 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC),

PALEMBANG, KS-Di tengah persiapan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Sumsel, Alex Noerdin – Ishak Mekki, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri), memprotes besarnya anggaran pelantikan Rp 800- Rp 850 juta.

Protes tersebut disuarakan puluhan massa aksi saat berunjuk rasa ke gedung DPRD Sumsel, Rabu (6/11). “Dana Rp 800 – Rp 850 juta tidaklah sedikit, apalagi digunakan sekedar untuk kegiatan seremonial seperti ini (pelantikan),” kata koordinator aksi (Korak), Erlangga.

Selain mempertanyakan anggaran pelantikan, pengunjuk rasa juga mempertanyakan tempat pelantikan yang dilangsungkan di Palembang Sport Convention Center (PSCC) bukan di ruang rapat paripurna DPRD Sumsel. “Seharusnya pelantikan kepala daerah itu dilaksanakan di gedung DPRD Sumsel sebagai representasi rumah rakyat bukan dilaksanakan di tempat lain,” kata Erlangga.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sumsel, Achmad Djauhari yang menemui pengunjuk rasa mengatakan, anggaran pelantikan yang mencapai Rp 850 juta sangat wajar, karena sesuai dengan agenda pelantikan dan tamu yang di undang.

Ia menerangkan, pelantikan Alex Noerdin – Ishak Mekki sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumsel periode 2013 – 2018, akan dihadiri 6000 tamu undangan, gubernur se- sumatera, Mendagri dan seluruh jajarannya. “Ini semua butuh biaya, yang mencakup akomodasi dan konsumsinya,” kata Politisi Partai Demokrat ini.

Lagi pula kata Djauhari, dana Rp 850 juta merupakan plafon anggaran, dan akan ada evaluasi setelah digunakan. “Nanti di hitung, berapa habisnya, jika masih ada sisa anggaran maka jadi Silpa, misalkan habis Rp 500 juta berarti Rp 350 juta menjadi Silpa, bukannya kita menggunakan dana sesukannya, dan saya kira ini (dana) belum berlebihan,” kata Djauhari.

Sebagai informasi, sebelumnya Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban menyebut, pelantikan Gubernur-Wagub Sumsel akan dilakukan secara sederhana di PSCC.  “Ada 6000 undangan yang disebar, “ jelasnya.

Untuk anggaran, Ramadhan saat itu menyebut sudah siapkan sebesar Rp800 juta–850 juta pada APBD 2013. Mengenai lokasi, kata Ramadhan, jika sebelum-sebelumnya pelantikan gubernur dan wakil gubernur dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Sumsel, pada pelantikan periode ini, rencananya akan dilaksanakan di PSCC.

PSCC dipilih karena ruangannya lebih luas jika dibandingkan ruang paripurna DPRD Sumsel. Sementara halaman DPRD Sumsel tetap digunakan sebagai tempat parkir. Sementara untuk undangan yang akan hadir, seperti pelantikan sebelumnya, tamu undangan antara lain anggota DPR dan DPDRI asalSumsel, Gubernur se- Sumatera, tokoh masyarakat, mantan-mantan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wali kota se-Sumsel, dan tamu undangan lainnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster