2014, BSB Fokus Kredit di Sektor UMKM

Ilst. Kredit

Ilst. Kredit

PALEMBANG | KS –Pada tahun 2014 Bank SumselBabel (BSB) berencana untuk fokus dalam meningkatkan penyaluran kredit di sektor UMKM , pasalnya sektor ini memiliki potensi pasar yang cukup besar guna  meperlancar upaya BSB untuk meningkatkan penyaluran kredit produktif.

Martolihan,Direktur operasional BSB,  saat dijumpai pada acara puncak ulang tahun BSB yang ke 56, Rabu (6/11) menjelaskan, kian tingginya potensi UMKM di Sumsel membuat sektor ini perlu digarap lebih dalam.

Lanjutnya,  dari dulu BSB sudah menggarap kredit jenis ini dengan meluncurkan  Kredit Usaha Mikro (KUM). Namun seiring perkembangan pasar, produk tersebut dikembangkan menjadi kredit UMKM.

Bahkan sankin strategisnya sektor tersebut, BSB tetap menjaga pertumbuhan penyaluran kredit ini  pada kisaran 15 persen setiap tahunnya.

Menurutnya, ada beberapa keuntungan saat perbankan menyalurkan kredit di sektor UMKM, antara lain risiko kredit akan menyebar ke lebih banyak debitur sehingga risiko kredit bermasalah dapat ditekan.

Selain itu pengintensifkan kredit UMKM dilakukan untuk menjalankan anjuran Bank Indonesia (BSB) untuk meningkatkan kredit produktif hingga 70 persen dari total kredit yang disalurkan.

Untuk tahun 2014 ini, pihaknya masih mengkaji berapa besar porsi kredit yang akan disalurkan di sektor UMKM.

Ditambahkan oleh Sekretaris Perusahaan BSB, Faisol Sinin, jika dilihat dari pasarnya, sektor UMKM memiliki potensi yang sangat besar apalagi di daerah-daerah. Itu tidak lepas dari plafon kreditnya yang berada di bawah Rp 5 miliar sehingga pangsa pasarnya akan lebih luas.

“Kalau di Palembang sendiri lebih cenderung ke pasar kredit koorporasi dan konsumsi. Berbeda dengan di daerah yang bisnis UMKM-nya berkembang cukup besar. Itulah yang akan kami fokuskan,”jelasnya.

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com