Pelanggan PDAM Kembali Jadi Korban

 283 total views,  2 views today

pdam

PALEMBANG, KS-Pasokan air bersih ke pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Musi,  kembali terganggu. Kali ini, kurang lebih 15 ribu pelanggan perusahaan tersebut di wilayah Alang-alang Lebar (AAL) dan Sukarami, tidak mendapatkan pasokan air bersih.

Direktur Teknik PDAM Tirta Musi, Stephanus menyebut, terganggunya aliran air bersih ke pelanggan mereka itu disebabkan pecahnya pipa dengan diameter 500 milimeter, yang berada di Jalan Soekarno-Hatta.

“Pipa tersebut, pecah akibat perbaikan jalan yang  longsor. Saat pemasangan dinding penahan, yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengenai pipa sehingga pecah,” jelas Stephanus.

Pipa tersebut menurutnya, merupakan pipa induk yang mendistribusikan air bersih ke pelanggan di wilayah Sukarami dan AAL. Akibatnya kata dia, otomatis distribusi air bersih ke pelanggan menjadi terganggu.

“Kami mohon maaf atas kejadian ini, saat ini perbaikannya tengah dilakukan. Perbaikannya membutuhkan waktu cukup lama. Tetapi mudah-mudahan, perbaikan bisa diselesaikan malam ini sehingga kami sudah bisa mengalirkan air kembali ke pelanggan,” ujarnya.

Sebenarnya kejadian itu jelas Stephanus, tidak perlu terjadi jika perbaikan jalan yang longsong di Jalan Soekarno-Hatta di koordinasikan ke PDAM. Sebab bebernya, PDAM berkepentingan dengan itu karena ada utilitas jaringan distribusi air milik PDAM.

“Saya berharap, pihak terkait dapat mengantisipasi hal-hal seperti ini kedepannya dengan melakukan koordinasi ke PDAM.  Karena kalau sudah pecah seperti ini, kita bisa kelabakan dan masyarakat pun dirugikan,”tukasnya.

Sebagai informasi, terganggunya distribusi air bersih ke pelanggan ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya PDAM juga menghentikan distribusi air bersih ke pelanggannya, dengan berbagai alasan. Salah satunya, saat perusahaan plat merah itu, melakuan pencucian pipa air baku di instalasi pengelolaan air (IPA) Rambutan dan 3 Ilir pada Juni lalu.

Kemudian pada September lalu, giliran 5.000 pelanggan PDAM Tirta Musi  terganggu, akibat pergantian kabel induk listrik di Booster Km 4, di tiga wilayah kelurahan, yakni Pakjo dengan 2.800 pelanggan, Ariodillah 800 pelanggan, dan Kenten 1.500 pelanggan.

Lalu di Oktober, 165 ribu pelanggan PDAM yang terganggu distribusi air bersihnya. 165 ribu pelanggan ini, berada di wilayah Seberang Ilir. Meliputi, Kecamatan Ilir Timur (IT) I, IT II, Kalidoni, Kemuning, Ilir Barat (IB) I, IB II, Bukit Kecil, Sako, Perumahan Bukit Sejahtera, Sukarame dan, Alang-alang Lebar (AAL). Gangguan tersebut dialaskan, karena terjadinya pemadaman listrik di tempat air baku, Intake Karang Anyar, Gandus.

Terakhir di Oktober lalu juga, 31 ribu pelanggan aliran distribusi air bersihnya di hentikan PDAM selama kurang lebih 10 jam, dengan alasan pemeliharaan sistem pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) 3 Ilir.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster