Kontrol dan Pengawasan Lemah

 239 total views,  2 views today

Ilst. Razia Makanan Oleh Petugas BPOM | net

Ilst. Razia Makanan Oleh Petugas BPOM | net

PALEMBANG, KS -Banyaknya produk makanan, minuman dan obat-obatan di Sumsel, yang belum mengantongi sertifikasi halal menurut pengamat sosial dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Alfitri dikarenakan lemahnya kontrol dan pengawasan dari pemerintah dan Balai Pengawas Obat-Obatan dan Makanan (BP POM).

Lemahnya kontrol ini menurutnya, disebabkan kurang dana untuk melakukan pengawasan itu. “Selama ini pengawasan yang dilakukan pemerintah memang rendah. Karena itu, semua produk dapat masuk,” jelasnya ketika dihubungi Kabar Sumatera, beberapa waktu lalu.

Selain status tidak halal, ia juga mengatakan banyak produk yang justru tidak layak. Harusnya kata dia, pemerintah lebih memperketat aturan-aturan. Tidak hanya itu, Alfitri juga menyarankan agar pemerintah dapat terbebas dari intervensi asing.

Misalnya di contohkan Alfitri, dengan cara mewajibkan semua produk asing yang masuk ke Indonesia untuk tunduk dengan semua aturan yang berlaku di Indonesia seperti penerapan standarisasi nasional Indonesia (SNI).

“Seharusnya pemerintah mengetatkan produk yang masuk. Kalau itu tidak memenuhi kualitas kita, tolak saja. Jangan produk kita saja yang selalu dikomplain kalau masuk ke Eropa ,” imbuhnya.

Alfitri menambahkan, banyak produk yang saat ini masuk ke Indonesia terutama dari China tidak jelas kualitasnya dan ke halalannya. Walaupun begitu bebernya, dengan mudahnya produk-produk itu membanjiri pasaran. “Kalau begini, kan masyarakat yang dirugikan,” ujarnya.

Sekarang sebutnya banyak produk dari China yang membanjiri pasaran di Palembang, baik elektronik maupun mainan anak-anak atau makanan. Tak jarang produk-produk itu urainya, diragukan kualitasnya.  Anehnya kata Alfitri, tidak ada pengawasan dari instansi terkait. “Pengawasan baru dilakukan, saat bulan ramadhan, Idul Fitri atau hari-hari besar agama,” ujarnya.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster