Galian PDAM Sisakan Kerusakan Jalan

 381 total views,  2 views today

Terlihat kerusakan jalan akibat penggalian pipa PDAM

Terlihat kerusakan jalan akibat penggalian pipa PDAM

MUARA ENIM I KS-Sejumlah titik jalan kabupaten milik Pemerintah Kabupaten Muaraenim hingga pasca penggalian jalan untuk jalur pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lematang Enim belum kembali seperti semula.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, Selasa (5/11), jalan – jalan milik Pemkab Muaraenim saat ini dalam keadaan hanya ditambal dengan tumpukan tanah dan bebatuan. Selain itu, pada bagian jalan yang dipotong selebar lebih kurang satu meter dengan ketebalan jalan minimal lima centimeter juga masih menyisakan sisa belahan jalan dan belum tertutup sepenuhnya.

Seperti diketahui sebelumnya, jalan bekas galian PDAM tersebut adalah jalan dengan kondisi fisik jalan aspal bukan jalan cor beton juga bukan jalan tanah. Namun hingga beberapa minggu penyelesaian penggalian hingga penanaman pipa,belum juga jalan yang telah digali dilakukan pengaspalan.

Direktur PDAM Lematang Enim, Puryadi, ketika dikonfirmasi membenarkan kondisi jalan yang terjadi di lapangan akibat bekas galian untuk pemasangan pipa milik PDAM Lematang Enim.

Menurutnya, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan waktu pelaksanaan menambal atau mengaspal hingga membuat keadaan jalan secara fisik bagus atau layak kembali sedia kala.

“Belum tau pak kita akan selesaikan pengaspalan, apakah akan menyelasaikan pemasangan pipa yang terakhir yakni didepan SMP Negeri 1 Muaraenim tepatnya jalan Sultan Mahmud Badarudin II atau sambil menanam pipa itu dan sebagian melakukan pengaspalan jalan,” terangnya.

Ditegaskannya, terkait penggalian bahu jalan yang telah dilakukan untuk jalur pipa yaitu di Kelurahan Air Lintang (dekat workshop Pemkab Muaraenim) dan jalan RA Kartini (dekat kantor PDAM Lematang Enim) serta nanti di depan SMP N 1 Muaraenim tanggung jawab pengaspalannya adalah pihak PDAM Lematang Enim, dan bukan tanggung jawab kontraktor.

Hal ini, kata dia, diperkuat dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepakatan dengan pihak PU Bina Marga Pengairan (PUBM P), Muaraenim perihal pengerjaan pengaspalan jalan eks galian pipa PDAM Lematang Enim di sejumlah jalan tersebut.

“Semua tanggung jawab ada dibebankan kepada PDAM Lematang Enim. Dan pastinya jalan yang sudah digali akan dikembalikan seperti semula. Kami menjamin kondisi jalan akan bagus kembali seperti semula,” janjinya.

Sementara itu, Kepala PUBM Muaraenim melalui Sekretaris Ahmad Yani mengatakan, perbaikan jalan bekas galian PDAM sesuai kesapakatan menjadi tanggung jawab PDAM Lematang Enim.

Menurut dia, sepanjang jalan yang telah digali untuk keperluan jalur pipa PDAM harus kembali seperti semula dalam keadaan di aspal. Namun, pihaknya memaklumi bila tidak bisa dilakukan pengaspalan, minimal jalan tersebut diperbaiki dengan cara cor beton.

“Kita akan terus memantau perbaikan jalan, kapan akan dilakukan pengaspalan. Dan bila tidak dilakukan PDAM sesuai kesepakatan PDAM akan dikenakan sanksi akan berat,” tegas Yani.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster