Dua Incumbent Bertahan

 257 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Tim Seleksi (Timsel) calon komisioner komisi pemilihan umum (KPU) Kota Palembang, akhirnya menetapkan 10 nama yang akan masuk ke tahapan selanjutnya, yakni uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan KPU Sumatera Selatan (Sumsel).

Dari 10 nama tersebut, terdapat dua calon yang merupakan calon incumbent atau masih menjabat sebagai komisioner KPU Kota Palembang saat ini yakni ,Rudi Panggaribuan dan Abdul Karim Nasution.

Sementara tiga komisioner lainnya yakni Ketua KPU Kota Palembang Eftiyani, Yudha Mahrom dan Wastu Widya, gagal lolos dari tes tertulis, kesehatan dan psikotes. “Dari 20 nama yang mengikuti seleksi wawancara, hari ini kami kami sudah menetapkan 10 nama calon komisioner yang akan mengikuti tahapan selanjutnya,” kata Sekretaris Timsel KPU Kota Palembang, M Akbar ketika dibincangi, Minggu (3/11).

Ke 10 nama calon komisioner tersebut yakni Rudi Panggaribuan, Abdul Karim Nasution,  Feri Yuliansyah, Gia Setiawan, Tommy Indriadi, Firamon Syakti, Kristina Imron, Devi Yulianti, Syarifudin dan Muhammad Nopriansyah.

Bagaimana dengan M Arwadi, yang lolos menjadi komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), bukanlah sebelumnya masuk 20 besar ?, Akbar menegaskan, Arwadi tidak masuk dalam 10 nama yang lolos dalam seleksi wawancara.

“Namanya bukan kita coret, karena ia lolos menjadi komisioner KPID Sumsel. Hasil wawancara, peringkatnya berada di luar sepuluh besar,” tegasnya.

Akbar menambahkan, 10 nama tersebut diputuskan dari hasil rapat timsel Jumat (1/11) lalu. Namun bebernya, sengaja baru hari ini mereka umumkan ke publik. “10 nama ini, akan kami serahkan ke KPU Sumsel. Merekalah kemudian, yang akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan,” ucapnya.

Dari uji kepatutan dan kelayakan itulah bebernya, akan dihasilkan 10 nama yang akan ditetapkan menjadi komisioner KPU Kota Palembang periode 2013-2018. “Tugas kita, selesai sampai disini. Untuk uji kepatutan dan kelayakan, bukan lagi tanggungjawab kita tetapi menjadi tanggungjawab KPU Sumsel,” tukasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya hasil seleksi calon komisioner KPU Kota Palembang ini mendapatkan protes dari beberapa kelompok masyarakat. Senin (28/10) lalu, puluhan mahasiswa, menolak keputusan timsel yang menetapkan 20 nama calon komisioner KPU Kota Palembang.

Ditempat terpisah, salah satu peserta seleksi calon komisioner KPU Kota Palembang, Komar Heryanto, mensomasi timsel karena merasa dirugikan dengan keputusan timsel tersebut.

Walau pun begitu, semua protes tersebut tidak digubris oleh timsel. Ketua Timsel KPU Kota Palembang, Bambang Hariyanto, tak mempesoalkan adanya riak di masyarakat terhadap putusan timsel tersebut.

“Adanya ketidakpuasan tersebut, sudah saya duga. Siapa pun yang tidak terpilih, tentu tidak senang. Tetapi kita harus memilih 20 nama, untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya,”tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster