Prioritaskan Pendidikan dan Infrastruktur

 235 total views,  4 views today

Ilst.

Ilst.

PALEMBANG, KS-Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Palembang 2014, kini tengah digodok oleh Pemerintah Kota (pemkot) Palembang. Sektor pendidikan dan infrastruktur, akan menjadi prioritas bagi pembangunan di metropolis, tahun depan.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo yang dibincangi  beberapa waktu lalu. Namun menurut Harno, berapa persentase anggaran untuk dua sektor tersebut belum bisa dipastikan.

“Dua sektor tersebut, menjadi prioritas. Namun berapa besar anggarannya atau persentasenya, masih akan dibahas. Kita baru menyelesaikan kebijakan umum anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KUA PPAS), sehingga masih bisa berubah,” jelas Harnojoyo.

APBD Kota Palembang 2014 sendiri bebernya, ditargetkan bisa ditetapkan pada Desember mendatang. Dalam rancangannya, pendapatkan yang ditargetkan mencapai Rp 2,7 triliun. Angka tersebut, meningkat sekitar Rp 200 miliar dari tahun 2013 yakni Rp 2,5 triliun. “Kenaikan tersebut diperoleh dari sektor pajak, PAD, DAU, dan DAK,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, penggunaan APBD Kota Palembang kedepannya akan dilakukan lebih terarah. Sehingga belanja langsung, yang dipergunakan untuk pembangunan lebih besar dibandingkan belanja tidak langsung, yang dipakai untuk keperluan gaji pegawai, dan administrasi pemerintahan lainnya. “Kami optimis, ini bisa dilakukan pada APBD Kota Palembang 2014 mendatang,” ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang, Romi Herton mengatakan, infrastruktur menjadi prioritas pembangunan di Kota Palembang.  “Kita fokus, memperbaiki infrastruktur. Misalnya Dinas Pekerjaan Umum (PU), akan lebih dimaksimalkan terhadap pembangunan jalan, begitu juga dengan dinas-dinas terkait lainnya seperti PU Cipta Karya dan lain sebagainya,”ucap Romi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Palembang, Fahlevi Maizano mengatakan, pendidikan dan infrastruktur memang harus menjadi prioritas dalam pembangunan di metropolis. Namun sebut Fahlevi, bukan berarti sektor lain dipinggirkan.

“Banyak infrastruktur yang harus dibenahi, begitu juga dengan sektor pendidikan. Sektor lainnya, seperti kesehatan juga harus mendapatkan perhatian,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Ia juga memberikan apresiasi, target kenaikan di sektor pendapatan pada APBD Kota Palembang 2014. “Ini merupakan langkah positif yang dilakukan oleh Pemkot Palembang dengan adanya kenaikan APBD yang terbilang cukup cepat,”ucapnya.

Menurut Maizano, peningkatan tersebut di karenakan Palembang pusat perdagangan, dan pajak. “Misalnya pajak hotel, restoran dan pajak parkir khusus, inilah yang meningkatan PAD Palembang,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor : Dicky Wahyudi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster