Objek Wisata Antan Delapan Terbengkalai

 1,473 total views,  2 views today

Objek Wisata Antan Delapan, kurang menjadi perhatian serius pemerintah setempat

Objek Wisata Antan Delapan, kurang menjadi perhatian serius pemerintah setempat

PAGARALAM, KS—Objek Wisata Antan Delapan yang terletak di Kawasan Gunung Dempo, Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara, mendesak diperbaiki.

Pasalnya, obyek wisata tersebut saat ini terbengkalai, dan belum juga dilakukan perbaikan.

Tokoh Pemuda Kota Pagaralam, Hendri Ganesha SE, Minggu (3/11), mengatakan, sejak satu tahun terakhir, kondisi Objek Wisata Antan Delapan  tidak lagi dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun dari luar Kota Pagaralam.

Selain itu, lanjutnya, lokasi yang ada dinilai kurang tepat dan kondisinya sudah banyak rusak, sepert bagian peralatan kincir air termasuk saluran sanitasi air sudah tidak bisa difungsikan.

“Sangat disayangkan, kondisi yang  ada kurang menjadi  perhatian serius pemerintah setempat, seolah dibiarkan dan terbengkalai. Padahal cukup banyak wisatawan yang datang untuk melihat salah satu peninggalan dari Nenek Moyang orang Besemah ini,” kata Hendri.

Terpisah, Feri pengelolah objek mengakui hal itu. Ia  berharap kepada pihak  Pemerintah Kota  Pagaralam dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata agar dapat secepatnya memperbaiki objek wisata dimaksud.

“Jika objek ini tetap dipertahankan, tentunya  bisa menjadi Aset dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pagaralam,” ujarnya.

Selama ini, kata dia, pihaknya belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Pagaralam, padahal sudah beberapa kali mengajukan permohonan untuk perbaikan.

“Sebetulnya, bila lokasi ini akan diperbaiki oleh Pemerintah, kami selaku pengelolah berencana untuk memindahkan Antan Delapan tersebut ke tempat yang lebih strategis.  Tapi masih disekitar kawasan itu agar para wisatwan yang datang tak hanya melihat dari pinggir jalan saja, tetapi bisa menikmati secara langsung proses peralatan antan delapan beroperasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ibnu Hajar SE MM mengatakan,  sejauh ini  Objek Wisata Antan Delapan  sudah ditindaklanjuti untuk dilakukan perbaikan. Namun masih terkendala anggaran yang ada.

“Kami minta pihak pengelolah Antan Delapan agar dapat bersabar menunggu perbaikan itu,  tentunya kami akan berusaha semaksimal mungkin aga secepatnya diperbaiki,” terangnya.

Sejauh ini, sambung Ibnu, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk mendukung program pariwisata terutama membangun berbagai fasilitas pendukung. “Kita sudah membangun villa, hotel, jalan, dan infrastruktur di beberapa daerah yang dapat dijadikan sebagai tempat wisatawan berkunjung,” terangnya lagi.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster