Lima Sektor Jadi Andalan Investasi

 170 total views,  2 views today

Grafik Investasi

Grafik Investasi

PALEMBANG, KS-Investasi, menjadi cara favorit bagi pemerintah untuk meningkatkan ekonomi daerah, termasuk di Kota Palembang. Di kota empek-empek, pemerintah kota (pemkot) menawarkan lima jenis investasi.

Ke lima investasi yang ditawarkan tersebut menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Palembang, Ridwan adalah sektor industri, pertanian, perdagangan dan jasa, pariwisata serta infrastruktur perkotaan.

“Lima sektor tersebut, sampai saat ini masih menjadi andalan bagi pemkot untuk mendongkrak ekonomi daerah dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),”kata Ridwan yang dibincangi, kemarin di ruang kerjanya.

Untuk memudahkan masuknya investasi di metropolis, saat ini sebut Ridwan, BKPMD tengah menggodok rancangan peraturan daerah (raperda) tentang aturan investasi. Setelah dilakukan pembahasan secara menyeluruh, barulah raperda itu sebutnya akan diajukan ke DPRD Kota Palembang.

“Kami telah kumpulkan semua referensi, terkait dengan pembuatan draft raperda tersebut. Jika telah selesai, baru akan kita ajukan ke DPRD untuk dibahas guna ditetapkan menjadi peraturan daerah (perda),”jelasnya.

Namun menurut Ridwan, mereka masih membutuhkan waktu untuk menyesaikan draf raperda tersebut. Untuk mematangkannya sebut Ridwan, BKPMD akan melakukan studi banding ke daerah lain yang telah memiliki Perda tentang Penanaman Modal.

Tujuannya, agar raperda tersebut ketika disahkan bisa benar-benar dilaksanakan. “Perda mengenai investasi ini, sangat mendesak dimiliki. Karena itu, untuk memastikan penanaman modal berjalan baik dan tidak menyalahi aturan,” ujarnya.

“Nantinya dalam perda tersebut, akan diatur proses penanaman modal di Kota Palembang termasuk sanksinya, bagi pihak yang tidak mematuhi aturan,” tegasnya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang, Romi Herton menyebut, prospek investasi di Kota Palembang dalam lima tahun terakhir kian berkembang pesat. Di 2008 sebutnya, investasi yang masuk hanya 2 juta dolar. Kini, investasi di Palembang sudah mencapai 18 juta dolar.

“Investasi yang masuk di Palembang, di dominasi oleh investor lokal dan nasional. Namun ada juga, investor asing.  Ini menunjukkan kalau Palembang, mulai banyak dilirik oleh investor untuk berinvestasi,” ujarnya.

Ia menerangkan, ada beberapa sektor yang menjadi favorit yakni perdagangan, jasa, dan pariwisata. Namun bebernya, sektor lain juga mempunyai peluang untuk berkembang. Karenanya kata Romi, pemkot akan menyiapkan regulasi untuk guna mendukung perkembangan investasi di Palembang.

“Dengan adanya aturan itu, Palembang akan menjadi kota yang ramah untuk investasi. Sehingga Palembang, akan terus berkembang menjadi kota tujuan investasi yang bisa bersaing dengan kota-kota lainnya di dunia,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster