Lapas Wanita Kekurangan Fasilitas

 246 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG, KS-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Klas II A Palembang yang terletak di Jl Merdeka,  Palembang, minim fasilitas. Fasilitas yang ada di lapas itu menurut Kepala Lapas Wanita Merdeka, Rachmayanthy, juga sudah tidak layak lagi.

“Yah, seharusnya sarana yang menjadi kebutuhan dasar warga binaan itu terpenuhi, seperti poliklinik, tempat pembinaan kerja, perpustakaan yang representatif, dan lainnya sebagainya,”kata Rachmayanthy yang dibincangi, kemarin.

Saat ini menurut Rachmayanthy, fasilitas yang ada masih bentuk jeruji besi atau yang biasa di sebut sel seperti tempat ibadah, masjid, gereja. Itu sifatnya tidak layak . “Ini masih seperti rumah tahanan negara (rutan), harusnya dibangun lapas khusus, namun itu dibutuhkan hibah tanah yang luas dari pemerintah daerah, dan dana pembangunannya,” harapnya.

Menurut Rachmayanthy, Lapas wanita Merdeka bisa saja tidak diperbaiki, tapi fasilitasnya bisa dibangunkan. Dia menyebut, pihaknya sudah mengusulkan hal tersebut ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). “Tapi kita belum tahu tindak lanjutnya, karenanya kami berharap ke pemerintah daerah,” ujarnya.

Selain bantuan itu, Lapas Wanita Merdeka jelasnya juga butuh bantuan kerjasama dari pemerintah kota (pemkot) Palembang untuk mendidik warga binaan di Lapas Wanita. Saat ini kata dia, banyak warga binaan mereka yang masih buta huruf. “Karenanya kami butuh bantuan guru, untuk mengajar warga binaan kami,” harapnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster