Tak Ada Jaminan Perekonomian Membaik

 189 total views,  2 views today

Ekonomi

Infografis

PALEMBANG, KS-Krisis ekonomi global, juga berimbas pada perekonomian Indonesia. Saat ini menurut Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Suryo Bambang Sulisto, kondisi perekonomian Indonesia sedang melemah.

Kondisi yang sama menurutnya, juga terjadi di sejumlah negara. “Di 2014, tidak ada jaminan perekonomian akan membaik. Namun di sisi lain, Indonesia akan tetap menjadi tempat yang menarik bagi investor. Sebab itu, pemerintah diharapkan mampu mengeluarkan kebijakan yang dapat mendukung bergeraknya ekonomi daerah untuk membantu perekonomian nasional,” kata Bambang yang dibincangi usai membuka rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Kadin, Jumat (1/11) di Hotel Aryaduta, Palembang.

Ia juga berharap, semua pelaku usaha yang ada di daerah terutama yang bergabung dalam Kadin, bisa meningkatkan kualitas produk dan daya saing mereka dalam bisnis. Sehingga hal itu bisa membantu ekonomi daerah, dan pemulihan ekonomi nasional.

“Dari sini akan diusahakan percepatan pembangunan isdustri, kemudian nilai tambah dalam rangka optimalisasi ekspor dan pemberdayaan UMKM sebagai penunjang yang sangat penting bagi perekonomian nasional. UMKM, juga akan terus digembleng dalam artian diberikan terus motivasi dan dukungan supaya bisa mengembangkan bisnisnya,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin mengatakan, lemahnya ekonomi nasional jangan jadikan alasan untuk pemerintah menjadi malas dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

Karenanya ia mengajak UMKM, untuk membangun keterampilan yang lebih lagi bagi. Karena, UMKM salah satu potensi ekonomi di daerah yang bisa membantu peningkatan ekonomi daerah dan memulihkan ekonomi nasional.

“Sumsel sendiri, sedang berusaha mempercepat pembangunan dalam setiap bidang. Itu terbukti, dengan banyaknya minat UMKM dalam mengembangkan usahanya, untuk mencapai sebuah target yang dinginkan,” sebut Alex.

Alex menambahkan, saat ini Sumsel sudah memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) yakni di Tanjung Api-api (TAA). Ia menawarkan pengusaha baik lokal, nasional bahkan internasional bisa mengembangkan kawasan TAA tersebut.

“Saat ini, Sumsel sudah banyak dilirik oleh investor yang ingin berinvestasi disini. Jika ini, berjalan lancar mudah-mudahan perekonomian Sumsel akan terus berkembang. Sehingga bisa membantu memulihkan ekonomi nasional,” tukasnya.

Teks     : Imam Mahfudz Ali
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster