Penetapan Zona Kampanye Dideadline Sampai 4 November

 300 total views,  2 views today

Ilst. Kampanye

Ilst. Kampanye

PALEMBANG, KS -Sampai saat ini, belum semua kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (Sumsel) mentapkan zona kampanye di daerahnya masing-masing sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2013.

Padahal harusnya menurut komisioner KPU Sumatera Selatan (Sumsel), zona kampanye itu sudah harus ditetapkan oleh semua KPU kabupaten dan kota di Sumsel pada September lalu. Karenanya kata Ong, KPU Sumsel memberi waktu sampai 4 November mendatang kepada KPU kabupaten dan kota untuk menyerahkan pembagian zona kampanye tersebut.

“Sampai saat ini, baru tujuh KPU kabupaten dan kota di Sumsel yang sudah menyerahkan penetapan zona kampanyenya. Ke tujuh KPU tersebut adalah Kota Lubuk Linggau, Prabumulih, Banyuasin, Ogan Ilir, OKI, Musi Banyuasin, dan Lahat. Delapan KPU lainnya, belum melaporkan ke kita,” jelas Ong ketika dibincangi, Jumat (1/11).

Ong menerangkan, 4 November itu menjadi batas waktu akhir bagi delapan KPU kabupaten dan kota untuk menetapkan zona kampanye yang sudah disepakati dengan pemerintah daerah masing-masing.  “Keterlambatan ini, karenanya banyak komisioner yang mengikuti seleksi calon komisioner KPU periode selanjutnya,” bebernya.

Zona kampanye ini sebut Ong, mendesak untuk segera ditetapkan. Tujuannya, untuk mengatur penyebaran alat peraga. Apalagi saat ini menurutnya, alat peraga milik calon anggota legislatif (caleg) sudah mulai bertebaran.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumsel, Budiarto Marshul mendesak KPU Sumsel segera menyelesaikan penetapan zona kampanye. Sebab kata Budi, parpol dan caleg butuh waktu secepatnya untuk segera melakukan sosialisasi.

“Kondisi ini, sangat merugikan kami. Karena, kami ragu untuk melakukan sosialisasi. Takutnya nanti, malah menyalahi aturan. Saya sendiri, sampai saat ini belum memasang alat peraga dalam bentuk apapun, padahal waktu untuk sosialisasi yang diberikan kepada caleg tinggal sekitar lima bulan lagi,” ujarnya.

Karenanya Ketua Komisi II DPRD Sumsel ini meminta KPU Sumsel, segera menyelesaikan salah satu tahapan pemilu tersebut. Apalagi urainya, penetapan zona kampanye ini harusnya sudah selesai pada September lalu.

Desakan yang sama disampaikan politisi PKS, Yuswar Hidayatullah. Menurutnya, saat ini alat peraga caleg sudah bertebaran. Kondisi ini sangat rentan mengakibatkan adanya tebang pilih oleh pemerintah daerah, dalam penertiban atribut tersebut.

“Bisa saja, terjadi tebang pilih karena aturannya belum ada. Karenanya, zona kampanye tersebut harus segera ditetapkan,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster