Gelar Dua Event Internasional

 229 total views,  2 views today

Palembang Night | net

Palembang Night | net

PALEMBANG, KS-Dua event berskala internasional yakni Festival Sriwijaya dan Musi Triboathon Triboathon, bakal digelar kembali pada 2014 mendatang. Dua kegiatan ini menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Toni Pangarbesi, sudah masuk dalam kalender kegiatan yang akan digelar tahun mendatang.

Toni menyebut, sebelumnya Musi Triboathon digelar hanya untuk level nasional. Namun tahun depan, levelnya ditingkatkan menjadi internasional. “Musi Triboathon ini, diharapkan bisa menjadi salah satu icon pariwisata Sumsel seperti di Sumut melalui Festival Danau Ranau, dan Sumbar melalui Tour Singkarak,”kata Toni ketika dibincangi, kemarin.

Triboathon ini bebernya, nantinya akan dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok nasional yang diikuti 5 tim, dengan masing-masing tim terdiri 15 peserta. Sedangkan, untuk kelompok internasional, akan ada 10 tim. “Sebenarnya kita ingin, pesertanya lebih banyak lagi. Namun lintasan sungai yang dipakai, tidak memungkinkan sehingga hanya dibatasi 15 tim saja,” imbuhnya.

Untuk rute bebernya, masih tetap rute lama yakni melalui Tanjung Raya, Kabupaten Empat Lawang ke Tebing Tinggi dengan berjarak lebih kurang 73 kilometer. Kemudian, ke Kelingi menuju Sekayu. Selanjutnya di Banyuasin tepatnya di Penumbukan, terakhir Palembang tepatnya di BKB. “Untuk peserta dari internasional, yang sudah memastikan berasal dari Jerman, Iran, Singapura, Australia, Thailand, Vietnam, Taiwan dan Jepang,” terangnya.

Selanjutnya, dari peserta Indonesia yang sudah di konfirmasi dan diminta ada 6 tim. Diantaranya, DKI Jakarta,  Jawa Barat, Sumbar, Sumsel, Jambi dan Kalsel. Dimana,  dari masing-masing tim diisi 15 orang dengan tiga kategori, diantaranya Rafting, Kannow dan Repping.

Sementara untuk Festival Sriwijaya, akan menjadi festival internasional. Dalam Festival Sriwijaya, akan disisipkan Pariwisata Expo. Dalam kegiatan tersebut, diharapkan bisa mengenalkan potensi wisata di Sumsel baik wisata alam, budaya maupun kuliner.  “Kegiatan itu, bisa dimanfaatkan pelaku UMKM di Sumsel untuk mempromosikan produk mereka. Misalnya souvenit, dan lainnya,” ucapnya.

Dua event ini menurut Toni, diharapkan bisa ‘menjual’ potensi wisata dan budaya di Sumsel. Sehingga bisa menarik wisatawan, untuk berkunjung ke Sumsel. Sebab itu, ia meminta semua daerah bisa bersiap untuk menampilkan potensi seni, wisata dan budaya unggulan di daerahnya masing-masing.

Teks     : Imam Mahfudz Ali
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster