Bupati PALI Dapat Penghargaan ICTpura Dari Menkominfo

 308 total views,  2 views today

Bupati PALI, Heri Amalindo

Bupati PALI, Heri Amalindo

PALI | KS-Meski baru diresmikan enam bulan lalu, bukan halangan bagi Kabupaten  Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) untuk menorehkan prestasi di pentas nasional. Setelah melalui proses pendampingan dan penjurian yang panjang, Bupati PALI, Heri Amalindo  mendapatkan Penghargaan Khusus ICTpura. Demikian diungkapkan Drs Rusman Firman UI MM Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika di ruang kerjanya, Jumat (1/11).

“Alhamdulillah, meski baru berdiri kita sudah bisa berprestasi” ujar Rusman.

Pemberian penghargaan ini sendiri dilakukan, Kamis malam (31/10) di Hotel Senyiur Samarinda. Piagam penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika,  Tifatul Sembiring.

Sayangnya, tidak satupun pejabat Pemkab PALI yang menghadiri acara ini untuk menerima penghargaan. Tidak sampainya undangan dari panitia sehingga Pemkab tidak tahu kalau menerima penghargaan tersebut. “Kita tahunya setelah ditelepon semalam. Konselor kita menanyakan kenapa bupati tidak hadir. Kita tidak tahu karena tidak ada undangannya” jelas Rusman.

Beberapa waktu lalu, harian ini sempat memberitakan Kabupaten PALI mengikuti proses penilaian dalam rangka pemberian penghargaan ICTpura dari Kementrian komunikasi dan Informasi.

Menurut M Izman Herdiansyah, ST MM PhD Koordinator Survey ICTPura 2013 Kementrian Kominfo untuk Wilayah Sumsel dan Jambi melalui Konselor Kabupaten PALI,  Ilman Zuhri Yadi SKom MM, M.Kom. Penghargaan ICTpura ini adalah penghargaan resmi dari pemerintah yang diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota yang berprestasi di bidang teknologi dan informasi. “Seperti halnya penghargaan Adipura. Ini penghargaan resmi yang diberikan pemerintah melalui seleksi ketat,” jelas Ilman.

Ilman menjelaskan, pemenang ICT 2013 terbagi menjadi tiga kategori yakni kategori utama, madya serta muda. Pemerintah melalui Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo serta Balai Penyediaan dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika juga memberikan penghargaan khusus kepada kepala daerah kabupaten.

Penghargaan khusus inilah yang diterima Bupati PALI. Selain bupati PALI, ada empat bupati lainnya yang mendapat penghargaan khusus ini.  Bupati PALI dianggap telah memberikan perhatian secara intensif terhadap pengembangan ICT, namun masih terkendala infrastruktur yang minim.

Penghargaan khusus ini, jelas Ilman, diberikan sebagai daerah dengan sumber daya alam. Sehingga selama tiga tahun ke depan, Pemkab PALI akan menerima bimbingan dan pembinaan dari Kementrian Kominfo dalam Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sementara itu, Dirjen PPI Kementerian Kominfo Syukri Batubara, dalam siaran persnya menjelaskan, penghargaan ICTpura Award ini diikuti oleh 187 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Bahkan pihak Kominfo mengirim tim khusus untuk melakukan penilaian diam-diam dengan mendatangi masyarakat dan turun langsung melihat keseriusan pemerintah daerah dalam pengembangan ICT.

“Kementerian Kominfo tidak ada intervensi penilaian. Ini murni kewenangan juri. Untuk penghargaan khusus, kepala daerah bersangkutan sangat berminat mengembangkan IT di daerahnya tapi terkendala infrastruktur yang belum tuntas,” ujar  Syukri Batubara.

Teks/foto: Indra Setia Haris

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster