Daerah Harus Miliki Inovasi Khas

 169 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS- Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), merupakan salah satu provinsi yang kaya akan sumber daya alam (SDA) nya, hal itulah yang membuat Pemerintah Provinsi (pemprov) dalam hal ini Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbangnovda) Susmel, gencar memetakan wilayah-wilayah di Sumsel yang bisa menghasilkan inovasinya yang menunjang kemajuan daerah.

Kepala Balitbangnovda Sumsel, DR. Ekowati Retnaningsih menyebut, setiap daerah di Sumsel punya potensi untuk memenuhi target penelitian dan pengembangan daerah yang perlu dikembangkan oleh pemerintah setempat. Kemudian Balitbangnovda jelasnya, tinggal melakukan pengecekan, supaya bisa membantu apa yang dibutuhkan di suatu daerah tersebut.

“Karenanya kita menggelar capacity building penyusunan raodmap sistem inovasi daerah. Tujuannya, ini tidak lain meningkatkan kapasitas badan penelitian dan pengembangan daerah di Sumsel,” kata Ekowati dibincangi, Senin (30/9).

Menurut Ekowati, sistem inovasi daerah di Sumsel sudah tidak asing lagi. Karena sejak tahun 2010 lalu,  Kementrian Riset dan Teknologi sudah membantu mengembangkan inovasi daerah di Sumsel.

“Setiap daerah harus memiliki inovasi yang khas, misalnya seperti di Palembang sendiri lebih menonjolkan isndustri kreatifnya di bidang pariwisata, UKM, kerajinan dan sebagainya. Maka setiap daerah harus menonjolkan kapasitasnya dalam mengembangkan inovasinya,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Prov Sumsel, Samuel Chatib mengutarakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kemenristek yang menjadikan Sumsel, sebagai salah satu dari enam wilayah yang mendapatkan fasilitas dan kapabilitas sumber daya manusia dalam rangka membentuk sistem inovasi.

“Untuk itu pemprov, telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang Tim Penyusunan Roadmap SIDa Sumsel tahun 2013. Sebab dari adanya kegiatan ini, kita mengharapkan tim penyusun nantinya mendapatkan arahan dan acuan serta penjelasan bagaimana roadmap yang sesuai dengan kepentingan nasional maupun daerah Sumsel khususnya,” tukasnya.

Teks     : Imam Mahfudz Ali

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster