Sumsel Jadi Percontohan

 169 total views,  2 views today

PALEMBANG, KS-Enam Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), yakni Balitbang Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Tengah, Gorontalo, dan Kalimantan Selatan dijadikan percontohan pengembangan Sistem Inovasi Daerah (Sida).

“Mereka diharapkan jadi pelopor pengembangan Sistem Inovasi Daerah. Kemudian dari sana juga, daerah-daerah lain di Indonesia bisa meniru hal yang bisa dikatakan acuan untuk perkembangan provinsi msing-masing,” kata Deputi Bidang Kebijakan Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) RI Dr Tatang A Taufik di aula Balitbangnovda Sumsel, Senin (30/9).

Pembentukan Sistem Inovasi Daerah, ujarnya, diharapkan memotivasi masyarakat dan lembaga-lembaga setempat berinovasi dan turut aktif dalam pembangunan di daerah sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya.

Keenam Balitbangda ini, ujar Tatang, mendapatkan pendanaan masing-masing sebesar Rp300 juta dari APBN Kemristek 2013 untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka membentuk sistem inovasi.

“Untuk tahun pertama mereka dituntut membuat sistemnya dulu dengan menyusun peta rencana (roadmap) Sida yang diintegrasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” katanya.

Menurutnya, sudah ada Peraturan Bersama Menristek no 03 tahun 2012 dan Kemdagri no 36 tahun 2012 yang menjadi landasan penguatan Sida ini.

Sementara itu, Kepala Balitbangnovda Sumsel mengatakan, Sumsel memiliki banyak potensi sumber daya alam yang perlu diolah agar lebih bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat lokal, seperti karet, sawit dan lain-lain.

“Kami baru berharap di produk mentahnya dulu, belum sampai produk jadi. Kami optimistis ini kerja sama jangka panjang, dimana pembinaan Kemristek tak hanya sampai roadmap, tapi sampai ke penerapannya, sampai program dan kegiatannya. Kalau perlu dilanjutkan dengan APBD kami sendiri,” tukasnya.

Teks     : Imam Mahfudz Ali

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster