Perawat Harus Dapat Bersaing

 256 total views,  2 views today

perawatPALEMBANG | KS-Dalam menghadapi tantangan di era globalisasi yang sedang ngetrend saat ini. Perawat khususnya, diajak untuk menghadapi persaingan global yang terus maju.

Selain itu, peran pemerintah sangatlah penting dalam membuka peluang kerja di pasar global dengan cara menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antar negara serta memperluas wawasan para pekerja kesehatan.

Menurut Prof DR Dr Achir Yani Syhamie Hamid MNDN Sc mengatakan, tantangan utama untuk mencapai sasaran kesehatan di Asia Tenggara khususnya Indonesia adalah ketidakmampuan memberikan mutu pelayanan, ketidakseimbangan SDM, terbatasnya alokasi, manajemen sumber serta terpilahnya pelayanan.

“Yang paling penting dalam pelayanan adalah mutu pelayanan dan SDM kesehatan, untuk meningkatkannya SDM-nya tersebut maka, perawat tersebut harus diberi pendidikan dan pelatihan sesuai bidangnya sehingga mereka semua mampu untuk mengarungi di era globalisasi ini,” ungkapnya saat memberikan pemaparan kepada peserta seminar di gedung Charitas Convention Hall STIKES Perdhaki Charitas Senin (30/9).

Sedangkan Ketua Panitia, Sr M Yuventia, Fch, mengatakan, saat ini budaya keamanan bagi pasien sangat diperlukan dalam pelayanan kesehatan di semua rumah sakit. Menurutnya, tanpa keamanan khusus bagi pasien maka pasien tersebut tidaklah nyaman dalam berobat.

“Saat ini juga adalah zamannya era globalisasi dimana zaman yg begitu global atau menyeluruh serta bebas aktif. Oleh karena itu dalam seminar dan workshop ini kita mengajarkan kepada para pelayanan kesehatan bagaimana menghadapi di era globalisasi ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sekitar 800 mahasiswa dan mahasiswi dari sekolah tinggi kesehatan di Kota Palembang dan masyarakat umum, mengikuti seminar dan workshop yang bertemakan “ Membangun budaya pasien safety di pelayanan kesehatan serta peluang dan tantangan tenaga kesehatan di era globalisasi”.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster