KPU Masih Benahi DPT Palembang

 243 total views,  2 views today

kpu

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palembang, saat ini tengah melakukan pembenahan terhadap mata pilih yang masih ditemukan ganda, pada daftar pemilih tetap (DPT) Kota Palembang, pada pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2014 mendatang.

Namun menurut komisioner KPU Palembang Divisi Teknis Penyelenggara, Data, Humas dan Informasi, Abdul Karim Nasution, pembenahan itu dilakukan atas inisiatif KPU sendiri bukan atas hasil rekomendasi panitia pengawas pemilu (panwaslu) Kota Palembang.

Padahal sebelumnya, seperti diberitakan Kabar Sumatera, Panwaslu Palembang menyebut mereka menemukan sejumlah kejanggalan pada susunan DPT Palembang untuk pemilu, yang dibuat berdasarkan DPT pemilukada 6 Juni lalu, bukan berdasar DP4 yang disusun Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami tidak pernah mendapatkan rekomendasi dari Panwaslu, bentuknya seperti apa kami tidak tahu. Walau pun begitu, kami berterima kasih dan akan menampung temuan-temuan Panwaslu tersebut,” kata Karim ketika dihubungi, Senin (30/9).

Karim juga menjelaskan, walau tanpa rekomendasi Panwaslu tersebut tetap saja KPU melakukan pencermatan terhadap DPT. Pencermatan itu bebernya, dilakukan oleh panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat Kelurahan, yang dibantu panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Penceramatan terhadap DPT ini bebernya, di targetkan selesai pada 5 Oktober mendatang.

Sehingga, batas akhir penetapan DPT yang telah mengalami pernyempurnaan ini pun, dapat diselesaikan KPU Palembang tepat waktu sesuai jadwal dan tahapan yang ditetapkan secara nasional oleh KPU Pusat, 10 Oktober nanti.

“Meski, untuk pencermatan terhadap NIK, Nama, dan Jenis Kelamin, pemilih di Kota Palembang, tak ada masalah lagi namun memang masih ditemukan sejumlah data pemilih ganda antar kabupaten/kota, kelurahan bahkan provinsi pada DPT Palembang, yang jumlahnya tak begitu signifikan,” ujarnya.

Sebelumnya Ketua Panwaslu Kota Palembang, Amrullah mengatakan berdasarkan pengawasan DPT yang dilakukan panitia pengawas kecamatan (panwascam) di Palembang sebelumnya, ditemukan ratusan mata pilih yang masih terdaftar di DPT padahal sebelumnya sudah mereka rekomendasikan untuk dicoret pada pelaksanaan pemilukada Sumsel, 6 Juni silam. “Kami, akan memberikan rekomendasi kepada Bawaslu (Sumsel), untuk mengambil langkah-langkah strategis, menyikapi permasalahan DPT di kota Palembang ini,” tukas Amrullah.

Sebagai informasi,  KPU Kota Palembang, sebelumnya telah menetapkan DPT untuk pemilu legislatif 2014, di wilayah Kota Palembang, sebesar 1.133.408 jiwa pemilih. Jumlah ini berkurang dari jumlah DPT pada pelaksanaan Pilkada gubernur dan wakil gubernur Sumsel, 6 Juni silam, yang sebesar 1.139.247 jiwa pemilih.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster