Harga Ayam Turun, Tapi Harga Ikan Naik

 226 total views,  2 views today

ayam-fotong

Daging Ayam

PALEMBANG, KS-Memasuki awal Oktober tahun ini, harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Palembang mengalami peningkatan. Seperti harga ikan, sekarang harganya sudah meningkat dibandingkan sebelumnya. Namun harga ayam potong, yang sebelumnya sempat melejit naik sampai Rp40-50 ribu, dalam pekan ini mengalami penurunan.

Bahkan menurut menurut pantauan di lapangan, harga ikan nila yang sebelumnya Rp20 ribu per kilogram-nya, sekarang sudah naik menjadi Rp30 ribu perkilogram. “Harga ikan ini kami dapatkan dari Pasar Jaka Baring,” tegas salah satu pedagang yang enggan disebut namanya.

Sementara, Dewi (45) salah satu pedagang ikan di Pasar Suro Jalan yang berada di Jalan Ki Gede Ing Suro Palembang, kepada Kabar Sumatera mengatakan harga ikan, khususnya ikan laut, saat ini sedang mengalami peningkatan dibandingkan harya ayam.

“Sekarang banyak iwak yang lagi naik, khususnya ikan laut, seperti ikan sarden, tongkol. Harga sebelumnya standar Rp16-17 ribu per kilogram-nya. Tapi sekarang untuk modalnya saja sudah sampai Rp20 ribu. Sementara harga jualnya hanya Rp22 ribu per kilogram,” ujar Dewi dengan dialig Palembang.

Menanggapi hal itu, Dewi menyayangkan terhadap naiknya harga ikan yang menjadi dagangannya. “Kami ini tambah susah, harga ikan naik, belum lagi harga bensin naik juga,” ujarnya agak kesal.

Tapi kondisi diatas tak berbanding lurus dengan harga ikan di Pasar 17 Ilir di Jalan Beringin Palembang. Joko (58) salah satu pedagang ikan di pasar itu mengatakan, harga ikan di pasar tersebut tidak menentu, kadang naik dan kadang juga turun. “Kalau disini harga ikan tidak tentu. Kadang naik, kadang jugo turun, jadi aku ibartkan uwong yang sedang naek tanggo, dan pendapatan sehari-hari jugo cak itulah,  kata Joko (58)

Terpisah,  Ayi, salah satu pedagang di Pasar 26 Ilir, Jalan Muhidin Palembang mengatakan, harga ayam dalam satu pekan ini mengalami penurunan. Menurut Ayi, harga ayam di pasar tersebut, sebelumnya berkisar Rp35-40 per kilogram-nya. Namun sampai minggu ini, harganya turun menjadi Rp24 ribu per kilogram.

Sementara, ikan patin, dan mujahir mengalami kenaikan dari harga sebelumnya Rp25 ribu per kilogram-nya, dan sekarang berkisar Rp26 per kilogram.

Terpisah, Mukhsin (40) salah satu pedagang ayam di Pasar 16 Ilir Palembang juga mengakui turunya harga ayam. “Di pasaran, ayam sekarang jauh lebih murah dari hari sebelumnya, kemarin minggu harganya ayam sampai Rp40 ribu per kilogram tetapi sekarang turun menjadi Rp25 ribu per kilogram. Tapi ini cuma sementara, kalau mendekati lebaran Idul Adha bisa jadi, akan naik lagi,” tambahnya.

TEKS : AGUS EDWAR (Mg)

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster