Argowisata Berdampak Positif Terhadap Ekonomi Daerah

 297 total views,  2 views today

PAGARALAM, KS—Memasuki musim penghujan dan di dukung oleh kesuburan tanah, merupakan momen yang tepat dalam  mengembangkan sektor pertanian. Para pelaku usaha  mulai tertarik mengembangkan usaha pertanian pada kawasan agrowisata diatas  lahan 1.500 hektare, yang terletak di Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam.

“Berkat kesuburan tanah, hampir semua jenis sayur mayur  cocok ditanam disini seperti cabe,  sawi, terong, kubis, kacangan mupun padi,”  ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura,  Jumaldi Jani, ST MM, Senin (30/9).

Menurut dia, berkat kultur tanah subur dan persedian  air yang cukup menjadi faktor  utama dalam keberhasilan mengembangkan beberapa jenis tanaman termasuk buah-buahan. “Meski begitu, tetap saja diperlukan dukungan pola sistem bercocok tanam yang baik, termasuk penggunaan pupuk  dan bibit unggul” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan lahan seluas tiga hektare yang ditanami cabe mampu menghasilkan sekitar 10 ton, dan ini belum termasuk tanamanan lainnya. Namun hal itu tetap tergantung pada sistem pengelolaan tanaman yang baik, termasuk perawatan hingga memasuki musim panen tiba.

Lahan dengan  luas sekitar 1.500 hektare tersebut akan dikelompokan menjadi beberapa tempat, diantaranya 100 hektare khusus sayuran, 100 hektare untuk lahan tambak ikan kolam air deras dan 120 hektare pengembangan buah-buahan. Sementara sisa lahan yang belum dibagi tergantung dengan kondisi yang cocok untuk dikembangkan di daerah tersebut.

“Kawasan Dempo Selatan ini begitu potensial sekali untuk dikembangkan sebagai kawasan peternakan, perikanan dan pertanian,” kata dia seraya menambahkan potensi ini  sangat menjanjikan pula untuk perkebunan buah-buahan diantaranya rambutan, jeruk, mangga, jambu dan lainnya yang dikemas dalam bentuk agrowisata.

Sebetulnya, kata dia, langkah ini mengajak para petani pemilik perkebunan dapat membuat suatu paket wisata dalam mengembangkan usaha pertanian.

“Mudah-mudahan konsep ini akan terwujud, guna  merubah paradigma baru terhadap hasil usaha pertanian yang selama ini tergolong tidak begitu berpihak kepada petani. Kalau sedang banjir tidak murah harganya, karena akan dikemas dengan lebih baik lagi,” jelasnya.

Hal senada diiungkapkan H Haryanto, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indoneseia Kota Pagaralam. Menurutnya, agrowisata merupakan usaha di bidang jasa yang menggabungkan antara kegiatan wisata dengan kegiatan pertanian atau menggunakan kegiatan pertanian sebagai produk utama jasa kepariwisataan. Karena agrowisata tidak sekedar menjual jasa saja  sebagai pemenuhan kebutuhan pemandangan yang indah bagi pengunjung.

“Agrowisata yang ditawarkan itu  lebih mengarah kepada  media promosi produk pertanian, media pendidikan masyarakat maupun  memberikan peluang pengembangan diversifikasi produk agrobisnis. Apalagi kawasan Dempo Selatan begitu berarti menjadi kawasan pertumbuhan baru wilayah agrowisata,” terangnya.

Meski begitu, kata dia, pengembangan agrowisata itu dapat menjadi salah satu sumber pertumbuhan baru daerah melalui sektor pertanian, dan ekonomi daerah. “Selain menguntungkan dari sisi ekonomi, termasuk pula  promosi dan pendidikan pun berdampak positif kepada masyarakat luas,” kata Haryanto.

Terpisah, Sukir salah satu pelaku usaha tani yang sukses mengungkapkan, terwujudnya Kota Pagaralam dengan memiliki agrowisata sudah menjadi impian dan harapannya sejak dulu. Bumi Besemah ini banyak memiliki potensi sayur-sayuran dan buah-buahan. Ia mengatakan, di saat musim tiba yang terjadi justru harga anjelok, karena hasil produksi tidak seimbang dengan permintaan pasar.

“Agrowisata merupakan salah satu strategi yang tepat, mengingat langkah ini lebih berpihak kepada  semua masyarakat kecil untuk ikut merasakan

dampak positifnya. Sementara selama ini, ketika musim tiba harga yang

ada tidak sesuai dengan permintaan konsumen,” singkatnya.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster