17 Desa Terima Bansos P4-Isda-Ik

 249 total views,  2 views today

MUARAENIM I KS-Sedikitnya 17 desa yang ada di Kabupaten Muaraenim masuk dalam Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air Irigasi Kecil (P4-Isda-Ik), dari pemerintah pusat.

Melalui program ini,  masing-masing desa akan menerima dana bantuan sosial (Bansos) sebesar Rp175 juta.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker), Proyek Jaringan Pemanfaatan Air dari Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VII Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (PU) RI, Ferry Sahrizal, mengatakan, program ini baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Program ini merupakan salah satu bentuk kompensasi kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) selain BLSM yang telah dialokasikan pemerintah. Untuk tahun ini, tercatat ada sebanyak 5000 desa Indonesia yang menerima bantuan ini. Termasuk diantaranya 178  desa yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Program ini bentuknya Bansos dan swakelola. Namun demikian, harus tetap dipertanggungjawabkan. Sebab ini akan diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Jadi, harus hati-hati dalam penggunaannya,” tutur Ferry dalam kegiatan sosialisasi P4- Isda-Ik di ruang pertemuan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kabupaten Muaraenim, Senin (30/9).

Menurut Ferry, dalam prosesnya Kelompok Penerima Manfaat (KPM), yang dalam hal ini adalah petani akan didampingi oleh Tim Pendamping Masyarakat (TPM) yang telah dilatih. Diharapkan, para TPM ini dapat memberikan arahan sesuai dengan petunjuk teknis yang ada.

“Kalau program ini berhasil, mungkin di tahun-tahun berikutnya akan menjadi program regular dengan mengusulkan kembali desa-desa lainnya oleh kepala daerah masing-masing,” terang Ferry.

Sekretaris PU Bina Marga (BM) dan Pengairan Kabupaten Muaraenim, Ahmad Yani, mengungkapkan pada program P4-Isda-Ik ini, Kabupaten Muaraenim mendapatkan alokasi sebanyak 17 desa yang tersebar di tiga Kecamatan. Masing-masing Kecamatan Tanjung Agung sebanyak enam desa. Yakni Desa Sugih Waras, Muara Meo, Tanjung Baru, Seleman, Padang Bindu, dan Pagar Dewa. Selanjutnya Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) sebanyak tujuh desa, yakni Desa Cahaya Alam, Tanjung Agung, Datar Lebar, Segamit, Tanjung Tiga, Aremantai dan Pelakat. Selanjutnya Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) ada empat desa, masing-masing Desa Gunung Agung, Tebing Abang, Batu Surau dan Sri Tanjung.

“Dalam hal ini, setiap desa akan menerima dana Bansos sebesar Rp. 175 juta. Dana ini akan di alokasikan secara langsung ke rekening kelompok tani (Koptan) masing-masing yang akan dibuat dalam bentuk fisik irigasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Muaraenim, Muzakir Sai Sohar, mengungkapkan kegiatan P4- Ipda-Ik ini memiliki empat tujuan dan sasaran. Yakni pertama, partispasi yang merupakan kesempatan aktif dalam pelaksanaan program sesuai dengan spesifik lokasi. Kedua, transparansi berupa penggunaan dana yang diketahui oleh semua anggota petani yang terlibat. Ketiga akuntabilitas, dalam hal ini dana yang ada harus di pertanggungjawabkan dan keempat berkesinambungan yakni diharapkan program ini dapat berkelanjutan dan dikembangkan oleh petani.

“Saya harap program ini dapat berjalan dengan baik sehingga mampu meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster