Menjelang Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Panen Pembeli

 278 total views,  2 views today

Ilst. Hewan Qurban

Ilst. Hewan Qurban

PAGARALAM | KS-Menjelang Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah,  aktifitas sejumlah pedagang hewan kurban mulai menjamur disejumlah pasar tradisional, termasuk pada titik kawasan ramai pengunjung seperti Terminal Nandagung mulai mendirikan tenda.

Ujang (45) pedagang hewan kurban setempat mengatakan, meskipun Hari Raya kurban masih tiga pekan lagi, tapi lonjakan jumlah hewan kurban mulai terlihat. “Sejauh ini, pengunjung mulai ramai memesan hewan kurban. Hewan yang dijual masih berasal dari Lampung,” tuturnya, Minggu (29/9).

Ia mengatakan, jenis hewan kurban yang dijual pekan lalu masih sekitar Rp 1,5  juta per ekor untuk kambing jantan siap kurban. Namun  kini sudah naik menjadi Rp 1,8 juta hingga Rp 2.5 juta, tergantung umur dan ukuran besar kecilnya hewan tersebut.

“Kenaikan harga hewan kurban ini biasa terjadi menjelang perayaan Idul Adha pada 15 Oktober nanti. Sementara kenaikan harga ini juga dipengaruhi faktor sulitnya peternak mencari pakan hewan saat ini. Mereka mengeluhkan sulitnya mendapatkan rumput segar yang menjadi pakan yang bagus untuk hewan ternaknya,” kata ujang.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Pagaralam, Sukman ST MM mengatakan, sejauh ini pihaknya akan memperketat pengawasan lalu lintas ternak dalam rangka mengantisipasi penyebaran penyakit berbahaya.

“Hal ini dilakukan guna memperketat pengawasan lalu lintas hewan ternak bekerjasama dengan Satlantas Polres Pagaralam. Meski begitu, sejak beberapa tahun ke belakang tidak ditemukan adanya indikasi penyebaran penyakit dari ternak kiriman dari luar Kota Pagaralam,” ujarnya singkat.

Teks : Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster