Kemacetan di MP Mangkunegara Kian Parah

 278 total views,  2 views today

Ilst. Jalan Macet

Ilst. Jalan Macet

PALEMBANG, KS-Selama ini kawasan Jalan MP Mangkunegara, menjadi salah satu kawasan di Palembang yang rawan macet. Setiap harinya di kawasan itu terutama jam-jam sibuk, kendaraan yang melintas harus rela berjalan merayap.

Kini setelah Giant Supermarket beroperasi di kawasan itu, kemacetan pun kian bertambah parah. Pantauan Kabar Sumatera, kemarin, kendaraan yang melintas di Jalan MP Mangkunegara harus berjalan perlahan.

Hal itu tidak hanya disebabkan badan jalan yang kecil tetapi juga dikarenakan, kendaraan yang keluar masuk ke areal Giant Supermarket hingga kendaraan dibelakangnya harus berhenti.

Sejumlah warga yang dibincangi Kabar Sumatera, mengeluhkan kondisi tersebut. Pratama, warga Kenteng ini  misalnya. Ia mengaku sejak lama Jalan MP Mangkunegara memang rawan macet, karenanya badan jalan yang sempit dan kendaraan yang ramai melintas.

“Sekarang tambah macet, karena ada kendaraan yang harus keluar-masuk ke Giant Supermarket. Dinas Perhubungan (Dishub), harus mengatur kembali parkir di supermarket tersebut,” keluhnya.

Ia menyebut,  tak seharusnya Pemerintah Kota (pemkot) memberikan izin operasional bagi Giant Supermarket di kawasan Jalan MP Mangkunegara. Sebab kata Pratama, kawasan tersebut bukanlah kawasan bisnis melainkan kawasan pemukiman. “Selain itu, kondisi lalu lintas yang krodit harusnya jadi pertimbangan sebelum izin di keluarkan,” sesalnya.

Hal senada diungkapkan Lis, warga Perumnas Pusri Sako Kenten. Ia menyebut, kemacetan di Jalan MP Mangkunegara kian parah sejak beroperasinya Giant Supermarket.  “Kawasan ini memang sering macet, ditambah lagi dengan dibukanya Giant Supermarket, macetnya tambah parah,” ucapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Transportasi dan Rel, Dinas Perhubungan Palembang, Agus Supriyanto yang dibincangi terpisah, tidak mengelak dengan kondisi tersebut. Namun kata Agus, Dishub sudah minta kepada manajemen Giant untuk berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang, untuk mengatur lalu lintas di kawasan tersebut.

Sebelumnya Kabid Perencanaan Dishub Palembang, Zulkifli mengatakan, Dishub memang sudah sudah memberikan izin kajian lalu lintas untuk operasional Giant Ekstra. Namun, tetap disertai dengan persyaratan.

“Kami minta Giant membuat celukan di pinggiran pintu masuk, sehingga kalau ada kendaraan yang akan masuk ke Giant, tidak mengganggu kendaraan yang melintas. Selain itu, Giant juga harus membuat rambu-rambu. Giant juga kami minta membuat zebra cross, untuk jalur penyebrangan,”tegasnya.

Sementara itu Chief Operation Direction Giant Ektra, Edison Manalu membantah jika keberadaan Giant di kawasan tersebut kian menambah kemacetan di sepanjang Jalan MP Mangkunegara.

“Kita sudah menerima izin kajian lalu lintasnya, jadi tidak akan ada kemacetan. Selain itu, kehadiran Giant di lingkungan ini, menyerap banyak tenaga kerja. Dari 200 karyawan kita, 95 persennya adalah warga Palembang,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster