Delapan Desa Dapat Program Makanan Tambahan

 167 total views,  2 views today

makanan

MUARAENIM | KS-Sebanyak delapan desa di Kecamatan Rambang Dangku menerima program bantuan stimulan  makanan tambahan bagi balita. Makanan tambahan ini, akan dibagikan  kepada seluruh balita sesuai dengan data yang ada di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Camat Rambang Dangku, Restu Joni Karla mengatakan pemberian makanan tambahan ini diantaranya berupa bubur balita, susu, vitamin A dan makanan bergizi lainnya. Tujuannya, untuk mencegah dan meminimalisir  terjadinya angka kurang gizi balita. Selain itu, program ini juga memberikan makanan bergizi bagi ibu hamil (Bumil) dan ibu menyusui (Busui).

“Program ini mencoba mengantisipasinya kekurangan gizi sejak masa kehamilan. Sehingga,  saat melahirkan berat badan bayi cukup. Kemudian balita diberi makanan tambahan dan seimbang supaya gizi mereka baik,” tutur Restu kepada Kabar Sumatera, kemarin (29/9).

Untuk tahun 2013 ini, lanjut Restu, progaram makanan tambahan ini akan di alokasikan ke delapan desa yang ada di Kecamatan Rambang Dangku. Masing-masing Desa Manunggal Jaya, Manunggal Makmur, Tanjung Menang,

Gemawang, Air Talas, Kasih Dewa, Air Enau dan  Air Cekdam. Selanjutnya, program ini akan terus digulirkan hingga 26 desa lainnya.

“Program makanan tambahan ini akan dibagikan melalui Posyandu yang ada di masing-masing desa,” terang Restu.

Restu berharap, nantinya program ini dapat didukung oleh para Kepala Desa (Kades) dengan menganggarkan program perbaikan gizi di posyandu melalui Anggaran Dana Desa (ADD)

“Penurunan angka gizi kurang ini merupakan tujuan dari Millenium Development Goal’s (MDGs)  yang harus dicapai pada  2015,” ungkapnya.

Hingga sejauh ini, lanjut Restu, pihaknya tidak menemukan adanya kasus gizi buruk di Kecamatan Rambang Dangku.

“Setiap minggu saya selalu melakukan survey langsung ke lapangan melalui safari Jumat. Alhamdullilah hingga saat ini tidak ditemukan adanya kasus gizi buruk, dan jangan sampai terjadi,” tegas dia.

Sementara itu, salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Rambang Dangku, Pili Hardiansyah, mengungkapkan, program pemberian makanan tambahan yang galakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim yang ada di setiap Kecamatan merupakan upaya yang baik dalam bidang kesehatan. Sebab, kesehatan yang baik merupakan titik awal bagi peningkatan Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM). Sehingga, hal ini perlu mendapatkan dukungan.

“Balita yang memiliki gizi yang baik akan tumbuh menjadi generasi yang sehat dan cerdas,” pungkasnya.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster