RSUD Kayuagung Kekurangan Stok Darah

 206 total views,  2 views today

Ilst. Kantong Darah

Ilst. Kantong Darah

KAYUAGUNG,KS-Belum adanya pendonor darah tetap dalam lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), membuat rumah sakit tersebut kekurangan stok darah dan harus mencari darah hingga ke RS Umum, Palembang.

Ernani salah satu pasien RSUD Kayuagung merasa kesulitan jika berobat di RSUD Kayuagung karena sering kehabisan stok darah. “Terpaksa para petugas harus kerja keras mencari darah tersebut sampai kepalembang. Biasanya disana membeli darah berkisar Rp 240.000 perkantong,” terangnya.

Menurutnya, belum adanya pendonor tetap menjadi penyebab tidak adanya stok darah. “Saya berharap ke depan hendaknya Pemkab OKI memiliki pendonor tetap sehingga kita tidak perlu lagi harus beli di luar,” harapnya .

Sementara itu, salah satu petugas rumah sakit, bagian tranfusi darah, Siti Khodijah membenarkan di RSUD Kayuagung belum ada pendonor tetap. “Jika harus beli di luar darah tersebut harganya Rp210.000-Rp240.000 perkantong. Harga tersebut berlaku untuk pasien yang berobat secara umum. Sedangkan pasien yang menggunakan Askes atau sejenisnya darah tersebut gratis karena dananya diambil dari klim asuransi pasien tersebut,” ungkapnya.

Ia menambahan, biasanya stok darah di Kabupaten OKI baru ada jika ada pendonor masal atau pribadi. “Ya, mudah-mudahan ke depan di RSUD Kayuagung banyak pendonor sehingga ke depan kita tidak lagi harus beli keluar,” harapnya.

Teks : Emil Hidayat

Editor : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster