Pemkab OI Akan Berlakukan Absensi Mata

 135 total views,  2 views today

Pemindai Mata

Pemindai Mata

INDRALAYA|KS-Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir diakhir tahun ini memberlakukan absensi elektronik mata yang bertujuan mendisiplinkan dan meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ujicoba absensi mata dilakukan pertama kali di perkantoran A yakni di  Kantor Sekretariat dan Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD.

“Untuk pertama ini kami berlakukan  absensi mata di perkantoran A yakni di  sekretariat dan Setwan DPRD. Ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan kinerja  pemerintah,” ujar Kepala BKD Ogan Ilir H Darjis, Jumat (27/9).

Menurutnya, proses jalannya alat itu ketika Pegawai Negeri Sipil (PNS), melakukan absensi dan akan langsung direkam. Dalam satu bulan dapat terekapitulasi. Sementara untuk ke depan akan ada SKPD lagi yang akan diterapkan demi terwujudnya kinerja pemerintah yang lebih baik lagi.

“Untuk tahun 2014, absensi mata akan dilakukan di seluruh SKPD di Ogan Ilir. Untuk satu alat absensi mata hanya menganggarkan Rp15 juta,” ungkapnya.

Dia mengaku ada pertimbangan lain pihaknya tidak menggunakan sidik jari. Selain alat absensi mudah rusak ketika langsung bersentuhan dengan alat tersebut. “Sebenarnya ide sistem absensi mata sudah sejak lama dilontarkan. Bahkan studi banding telah dilakukan ke BKN, Menpan. Makanya digunakan absensi mata,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris BKD Ogan Ilir, M Soleh menambahkan pihaknya berharap keberadaan absensi mata ini dapat menumbuhkan disiplin PNS sekaligus meningkatkan kinerja pegawai PNS. “Absensi mata ini akan dilakukan secara bertahap. Nanti akan dilakukan juga diperkantoran B. Mudah-mudahan dapat terealisasi dengan baik,” timpalnya.

Terpisah, Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Ilir, H Sobli mengatakan, program absen mata ini, tujuannya untuk meningkatkan kedisiplinan para pegawai dan pejabat di lingkungan Pemerintah kabupaten Ogan Ilir.

“Selama ini kan, kita menggunakan absen kertas, yang tentunya masih banyak ditemukan pegawai yang bolo. Ada juga yang tidak hadir tapi menitipkan absen atau minta isikan absen. Nah, dengan absen mata ini, tentunya kita tidak bisa dibohongi lagi,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini pihaknya belum memberikan sanksi yang tegas untuk pegawai yang bolos. Namun ke depan, akan menindak pegawai bolos dengan tegas. “Seperti pemotongan tunjangan, yang pasti kedepan, kedisiplinan pegawai benar-benar akan kita uji,” tukasnya.

Teks : Junaedi Abdillah

Editor : Reinaldi

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster