Warga Pertanyakan Angkutan Kayu dan Batubara

 175 total views,  2 views today

truk-batubara

Ilst. Batubara

PALI | KS-Sejumlah warga desa Gunung Menang Kecamatan Penukal mendatangi Pemerintah Kabupaten PALI, Kamis (26/9). Warga yang dikoordinir Farid Jaya, Ketua Formass Buser meminta Pemkab PALI menertibkan keberadaan angkutan yang melintasi jalan propinsi di Kabupaten PALI.

Mereka diterima langsung Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten PALI, Drs Rusman Firman MM. Dalam pertemuan itu, Farid mengungkapkan sedikitnya dua jenis angkutan yang melintas yang meresahkan masyarakat. Angkutan tersebut adalah angkutan kayu logging dari Sekayu Musibanyuasin (Muba) menuju Pabrik Kertas PT Tanjung Enim Lestari (TEL), Muara Enim. Selain itu ada pula angkutan batubara dari Kabupaten Lahat menuju dermaga di Desa Prambatan Kecamatan Abab. “Kita meminta kepada Pemkab untuk melakukan razia. Karena keberadaan truk-truk itu sudah sangat meresahkan warga,” ujarnya.

Namun mereka tetap saja mengabaikan unsur safety (keamanan) yang membahayakan pengguna jalan dan masyarakat disepanjang jalan,” jelasnya.

Farid mencontohkan, truk yang mengangkut kayu dengan seenaknya tanpa diikat dengan aman. Atau truk pengangkut sawit yang tidak diikat dengan kuat. “Ini jelas sangat membahayakan. Bisa jatuh dan mencederai warga,” tambahnya.

Sebetulnya pihak Formass Buser sempat mengadukan masalah ini secara tertulis kepada Bupati PALI pada tanggal 11 September 2013 lalu. “Alhamdulillah hari ini keresahan kita terjawab sudah. Kita menghargai respon cepat dari Pemkab PALI yang bersedia duduk bersama dengan para camat, polisi dan Dishub ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Talang Ubi, AKP Zai’an ZL yang hadir dalam pertemuan itu sangat menghargai upaya dari masyarakat ini. “Kita apresiasi perhatian dan upaya mereka menyelesaikan masalah ini dengan menyerahkannya pada yang berwenang. Kita sangat dukung tindakan seperti ini. Kami yakin niat mereka sangat tulus, bukan mau mencari keuntungan,” pungkas Zai’an.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster