Voli Pantai Putra Siap Singkirkan Qatar

 355 total views,  2 views today

volyPALEMBANG | KS-Dua tim voli pantai putra Indonesia, sukses melaju ke babak perempat final Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013 dengan hasil memuaskan. Empat kali bertanding pada babak penyisihan pool A, Indonesia 1 tampil tanpa cacat dengan memenangkan semua pertandingan. Sementara Indonesia 2 dengan laga yang sama, hanya sekali menelan kekalahan penyisihan di pool B.

Sebelum memastikan satu tempat di babak perempat final, performa yang ditunjukkan pasangan  Indonesia 2 (Fahriansyah/Tomi) pada pertandingan awal sempat mengkhawatirkan. Bersua Oman 2 (Badar/Hassan) di venue Voli Pantai, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Rabu (25/9), Indonesia 2 yang sempat unggul 21-19 di set pertama tak mampu berkutik saat Oman 2 berbalik unggul untuk menyudahi perlawanan Indonesia 2 di dua set selanjutnya, 19-21, 11-15.

Seakan tak ingin mengulangi kesalahan, Indonesia 2 langsung menggila dengan menundukkan pasangan Malaysia (Faiz Putra/Rafi) dua set langsung (21-12, 21-19). Dua pertandingan terakhir yang berlangsung, Kamis (26/9) kemarin, berhasil disapu bersih Fahriansyah/Tomi.

Menang dua set langsung saat bersua Qatar 2 pada pertandingan pertama (21-16, 21-15), Indonesia 2 tak menemukan kendala berarti untuk memaksa Uganda pulang lebih awal. Tampil di babak perempat final dengan predikat runner up pool B, Indonesia 2 akan menantang Qatar 1 (Abdel Aziz/Tamer) yang menempati posisi tiga klasemen akhir pool A.

“Dibandingkan pertandingan hari pertama, kami merasakan sebuah perubahan lebih baik pada hari kedua. Koordinasi, penempatan posisi maupun stamina kami, merasa mengalami peningkatan. Melihat hasil sejauh ini kita cukup optimis melangkah lebih jauh menuju final, menyumbangkan medali untuk kontingen Indonesia,” kata Fahriansyah.

Jika Fahriansyah/Tomi melaju ke babak delapan besar dengan status tim terbaik kedua, beda halnya dengan Indonesia 1 (Koko/Candra) yang keluar sebagai juara pool A. Meski sempat mendapat perlawanan ketat dari Oman 1 (Ahmed/Haitman) (21-14, 15-21, 16-14) pada laga pertama dan Qatar 1 (Abdel Aziz/Tamer) (12-21, 21-8, 21-19) di laga terakhir kemarin, secara keseluruhan Indonesia tampil sangat bagus.

“Tanpa bertarung melawan Kuwait, kami jadi tak mempunyai waktu warming up yang terbukti kami cukup keteteran di set pertama. Untunglah kami punya waktu memperbaiki di set kedua dan ketenangan serta mental menyudahi perlawanan Qatar 1 di set akhir yang sangat melelahkan,” ujar Koko.

Sama seperti Indonesia 2, pada babak perempat final Indonesia 1 juga akan menghadapi Qatar lainnya. Sementara dari tim putri, salah satu tim Indonesia bisa dipastikan bakal mendapat medali emas.

Setelah pada pertandingan kemarin, yang mempertemukan Indonesia 1 (Dhita/Putu Dini) dan Indonesia 2 (Nanda/Riski) berhasil dimenangkan unggulan pertama tanah air (21-19, 21-6). Berkat hasil itu, Indonesia 1 tinggal menjinakkan Malaysia (Sea Theng/Teck Hua) pada laga terakhir, Jumat (27/9) besok.

“Secara permainan kami memahami betul bagaimana kualitas Indonesia 2. Kami tak menganggap ada perbedaan yang terlalu jomplang. Hanya saja, mungkin pengalaman dan level lah yang menjadi pembeda. Dengan hasil ini pun kami sangat optimis dapat menyabet medali emas,” ujar Putu Dini.

Teks     : Sadam Maulana

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster