Ujian Berat Andik Cs`

 313 total views,  2 views today

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan

PALEMBANG | KS-Melaju ke babak semi final dengan status runner up grup B, cabang olahraga (Cabor) sepakbola Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013, Indonesia mendapat hadangan berat untuk melangkah lebih jauh.

Pasalnya, pada fase sebelum menuju partai puncak, lawan berat bagi Indonesia sudah siap menjegal. Turki yang akan dihadapi pada Jumat (27/9) hari ini, di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sport City (JSC) pukul 15.30 WIB, bukanlah lawan ringan bagi anak asuhan Rahmad Darmawan itu.

Pelatih timnas Indonesia, Rahmad Darmawan mengungkapkan laga ini cukup berat bagi timnya. Namun begitu, dia tetap berharap kepada Andik Vermansyah Cs, untuk mempunyai motivasi tinggi lantaran sudah terlanjur melangkal lebih jauh.

“Lawan Turki, kita harus punya motivasi yang tinggi sejak awal pertandingan, meksipun itu tetap tidak akan mudah. Kita akan coba disiplin organisasi pertahanan, tidak memberikan ruang terhadap lawan atau mempersempit ruang masuk lawan itu yang akan kita terapkan,” kata Rahmad saat dibincangi di Hotel Swarda Dwipa, Kamis (26/9).

Pelatih yang akrab disapa coach RD menilai, Turki selalu memulai pola dengan melancarkan serangan dari dua sisi. Dengan dua penyerang yang tajam, RD sangat mengkhawatirkan anak asuhnya keteteran ketika mendapat serangan cepat.

“Pola permainan mereka sangat sederhana, tapi punya ketajaman yang baik. Jadi, saya ingin anak-anak mempunyai mental yang baik dan mampu bermain di skill, terutama mengorganisasi pertahanan, bukan belakang saja, melainkan tengah dan depan,” tuturnya.

Meski hanya diberikan jedah waktu sehari disetiap partai, RD tetap memberikan latihan-latihan yang dinilai mampu direalisasikan saat di lapangan nanti. Strategi bermain sudah dipersiapkan adalah lebih mempersiapkan penekanan-penekanan zona pertahanan dimana mereka harus melakukan delay atau apapun.

“Sama seperti yang lainnya, waktu mepet dapat membuat fisik pemain menurun. Tapi Saya senang kondisi seperti ini karena bisa menilai seberapa kemampuan saya dan pemain untuk menghadapi dalam keadaan apapun,” ujarnya.

Sementara kapten timnas Indonesia saat melawan Palestina, Andrytani mengaku sudah siap bertanding menghadapi Turki. “Kita sebagai pemain, kita tunjukkan yang terbaik dan percayakan semuanya dengan coach,” tambahnya.

Sementara pelatih timnas Turki, Ersoy Sandalci mengakui timnas Indonesia adalah tim yang bagus. Sepertinya game yang cukup sulit untuk mengalahkan Indonesia. “Tapi kami akan coba. Indonesia bermain cepat dan kami sudah sering  melihat video pertandingan mereka,” ujarnya.

Selain pertemuan Indonesia kontra Turki, ada pertandingan lain di Stadion yang sama pukul 19.30 WIB antara Arab Saudi kontra Maroko. Pelatih timnas Arab, Khalid Alkorani mengakui perjalanan di grup A cukup ketat. Kendalanya adalah sedikitnya jedah waktu istirahat dalam pertandingan.

“Partai manapun, pertandingan yang bagus. Maroko adalah salah satu tim di Afrika yang baik. Kami harap masyarakat Palembang saksikan pertandingan kami,” tambahnya.

Senada dengan pelatih timnas Arab, Pelatih timnas Maroko pun mengaku akan sulit menghadapi Arab Saudi besok (hari ini). “Tapi kita akan terus menunjukkan yang terbaik saat melawan Arab yang kita tahu mereka adalah tim yang bagus,” tutupnya.

Teks     :Sadam Maulana

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster