7 Ribu e-KTP Dikembalikan

 250 total views,  2 views today

Ilst. E-Ktp

Ilst. E-Ktp

MUARA ENIM, KS-Sejauh ini, Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muara Enim telah membagikan sekitar 20 ribu kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP kepada warganya. Namun dari jumlah tersebut, ada sekitar 7 ribu e-KTP dikembalikan Kecamatan Rambang Dangku ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Muara Enim untuk dikirim ke Jakarta.

Hal itu menurut Camat Rambang Dangku, Restu Joni Karla, di karenakan ada berbagai kesalahan data dalam e-KTP tersebut. “Dari 20 ribu e-KTP yang sudah kita bagian, 7 ribu e-KTP terpaksa kita kembalikan karena ada kesalahan data seperti tanggal lahir atau penulisan nama. Sebagian besar kesalahan yang kita temukan, berupa kesalahan tanggal lahir,” kata Restu ketika dibincangi Kabar Sumatera di ruang kerjanya, Kamis (26/9).

Ia menjelaskan, e-KTP yang diterima Kecamatan Rambang Daku dari Disdukcapil Kabupaten Muara Enim tersebut sebelum dibagikan ke warga terlebih dahulu dilakukan pengecekan oleh pihak kecamatan. Pengecekan ini untuk mencocokkan data

Jika ada kesalahan yang ditemukan pada e-KTP tersebut, seperti kesalahan penulisan nama, alamat, tanggal lahir dan sebagainya, maka tidak akan diserahkan kepada warga yang bersangkutan. Namun, akan segera dikirim kembali untuk segera diperbaiki.

“Sekarang ini, kita telah melakukan perekaman e-KTP kepada sebanyak 29 ribu warga dari 37 warga yang terdata untuk membuat e-KTP. Kita targetkan perekaman data e-KTP ini, selesai pada 2014 mendatang. Oleh karena itu, kita sekarang ini gencar mendatangi desa-desa dan sekolah untuk melakukan perekaman e-KTP atau istilahnya kita jemput bola,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bagi warga yang belum menerima e-KTP, namun sangat membutuhkan e-KTP untuk berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan maupun keperluan lainnya maka akan dibuatkan KTP sementara.

Restu menambahkan, kendala yang sering dihadapi oleh pihaknya dalam perekaman e-KTP diantaranya seringnya padam aliran listrik dan jauhnya jarak desa yang akan ditempuh dalam perekaman e-KTP dengan sistem jemput bola. Namun, semua itu tidak menghalangi pihaknya untuk terus berupaya agar semua warganya melakukan perekaman e-KTP dan memiliki e-KTP.

“Setiap kali berkunjung ke desa-desa baik melalui safari Jumat dan berbagai acara atau pertemuan, saya selalu menghimbau kepada warga untuk melakukan perekaman e-KTP, karena manfaatnya sangat besar. E-KTP selain berfungsi sebagai identitas diri, juga bisa menghindari penipuan dan segala macam bentuk kejahatan lainnya,”  tukasnya.

Teks     : Siswanto

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster