Si Jago Merah Ludeskan 10 Bedeng dan 1 Rumah

 242 total views,  2 views today

Tampak tim pemadam kebakaran sedang memadamkan kobaran api dibantu warga setempat.

Tampak tim pemadam kebakaran sedang memadamkan kobaran api dibantu warga setempat.

MUARAENIM I KS-Diduga terjadi konsleting listrik pada salah satu bedeng, membuat 10 bedeng dan satu rumah ludes terbakar. Sedangkan satu rumah lainnya mengalami rusak berat dan satu rumah rusak ringan. Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah karena tidak satupun harta benda milik korban yang berhasil terselamatkan.

Serta satu unit mobil carry pick up milik salah satu warga yang terparkir disekitar lokasi juga ikut terbakar. Kejadian yang cukup mencekam dan membuat khawatir warga setempat dan para pengguna jalan tersebut, terjadi sekitar pukul 12.30 WIB, kemarin (25/9), di Dusun Lima Desa Karang Raja, Kecamatan Kota Muaraenim, tepatnya dipinggir Jalinsum Kota Muaraenim – Tanjung Enim.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera dilokasi kejadian, kobaran api terus membumbung tinggi hingga menghabiskan semua bangunan bedeng dan satu rumah milik warga. Kobaran api juga sempat melahap sebagian rumah yang lain, namun dengan cepat berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran yang terjun ke lokasi diantaranya dari BPBD Pemkab Muaraenim, PTBA, PT. PAMA, PT. SMJ dan dibantu warga setempat. Sehingga tidak merembet ke rumah-rumah warga yang lain.

Diketahui bedeng terbakar yang berjumlah 10 pintu tersebut milik Solhan. Dari 10 pintu bedeng, terdapat dua pintu atau dua bedeng yang tidak berpenghuni. Sedangkan delapan pintu lainnya berpenghuni.

Adapun nama-nama keluarga yang menempati bedeng tersebut diantaranya keluarga Solhan, Leni, Anca, Tatad, Sedi, Linda dan dua pintu bedeng ditempati keluarga Maryani. Sedangkan rumah yang hangus terbakar milik Saibud, dan rumah rusak berat milik Homsar.

Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar satu jam setelah kejadian oleh

tim pemadam kebakaran dari BPBD Pemkab Muaraenim, PTBA, PT. PAMA, PT. SMJ dan dibantu warga setempat. Terlihat, juga jajaran Polres Muaraenim yang turut mengamankan lokasi, serta jajaran dari Dinas Sosial Kabupaten Muaraenim yang melakukan pendataan keluarga yang terkena musibah untuk segera diberikan bantuan. Demikian juga, PTBA melalui CSR-nya segera mengirimkan bantuan berupa pakaian, selimut, makanan dan sebagainya bagi para korban kebakaran.

“Api berasal dari salah satu bedeng. Kobaran api tersebut bukan berasal dari kompor atau gas, karena tidak ada ledakan yang terjadi sebelumnya. Kita duga, api berasal dari konsleting listrik. Kita tidak tahu dari bedeng siapa. Setahu kita, api sudah membumbung tinggi dari atas atap,” tutur Maryani, salah seorang penghuni Bedeng Kepada para wartawan dengan nada sedih.

Dirinya mengaku, semua harta bendanya dan juga penghuni bedeng dan rumah yang terbakar tidak ada yang bisa terselamatkan. Hanya pakaian dibadan yang sekarang ini mereka miliki. Mereka, harap Maryani, sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari berbagai pihak untuk paling tidak meringankan beban mereka.

“Sekarang ini, kita sangat berharap segera mendapatkan bantuan dari berbagai pihak terutama pakaian, selimut dan makanan, karena kita sama sekali sudah tidak memiliki lagi harta benda. Kejadian ini, jelas membuat kami terpukul dan harus kemana setelah ini juga bingung,” harap Maryani.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaraenim, Untung Suropati, melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Muaraenim, Abu Bakar saat ditemui dilokasi mengatakan, dari kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian belum kita taksir. Tapi yang pasti, semua harta benda korban tidak ada yang terselamatkan.

“Setelah mendapatkan laporan dari warga, kita langsung menuju ke lokasi kebakaran. Alhamdulillah, tim kita juga dibantu oleh pemadam kebakaran dari PT BA, PT. PAMA, PT. SMJ dan dibantu warga sekitar. Untuk sementara, kuat dugaan pemicu kebakaran dari konsleting listrik,” pungkas Abu Bakar.

Teks : SISWANTO

Editor: Sarono P Sasmito

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster