Pemda Dinilai Tidak Mengindahkan Aturan Pembentukan PPID

 274 total views,  2 views today

ppid

MUSIRAWAS | KS – Berdasarkan surat imbauan Mendagri tentang pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tingkat daerah pada tanggal 23 Agustus 2010, serta surat Menkominfo pada bulan Maret 2011 yang ditujukan kepada kepala daerah, lembaga Negara non pemerintah, dan menteri kabinet untuk segera membentuk (PPID) di lingkup pemerintahannya.

Namun kenyataannya sampai saat ini masih banyak pemerintah daerah (bupati/walikota dan gubernur) yang tidak mengindahkan aturan tersebut. Salah satu diantaranya adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas dan Kota Lubuk Linggau belum ada inisiatif untuk membentuk PPID di lingkup pemerintahannya (SKPD). Demikian disampaikan Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumatera Selatan, Nuniek Handayani kepada wartawan, Selasa (25/09) lalu.

Nuniek menambahkan, imbauan Mendagri tersebut diatas dikuatkan dengan Permendagri no 35 tahun 2010 tentang pedoman pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi dilingkungan kemendagri dan pemerintah daerah.

“Dalam PP No 61 tahun 2010 tentang pelaksanaan Undang undang No 14 tahun 2008 pasal 21 ayat (1) jugamenyatakan bahwa pejabat PPID harus sudah ditunjuk paling lama (1) satu tahun terhitung sejak PP No 61 tahun 2010 ini diundangkan yaitu pada tanggal 23 Agustus 2010 dan ditarget pada bulan Juni tahun 2011 pembentukan PPID ini sudah selesai.

Artinya bahwa pembentukan PPID ini merupakan program prioritas yang harus segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah/Badan Publik dalam rangka untuk mempermudah badan public memberikan informasi kepada masyarakat,” papar Nuniek.

Hal ini diungkapkan Nuniek karena sudah beberapa kali dirinya diundang dan diajak Lembaga Pilar Nusantara (PINUS) Sumatera Selatan membahas baik kepada beberapa SKPD Pemkab Musirawas maupun LSM di Kabupaten Musirawas mendorong untuk terbentuknya PPID bahkan Komisi Informasi Daerah untuk Kabupaten/Kota.

Terakhir PINUS menggelar diskusidengan tema “Peran LSM dan ORMAS dalam transparansi di Musirawas” di Hotel Hakmaz Taba Syariah Kota Lubuklinggau, jum’at(13/09) lalu.

Dalam diskusi tersebut beberapa LSM sepakat membentuk Forum Masyarakat Silampari (FORMASI) untuk mendesak Pemkab Musirawas segera membentuk dan memfungsikan Lembaga PPID di tiga wilayah (Kab Mura, Kota Linggau dan Kab Mura Tara), selain itu juga mendorong terbentuknya Komisi Informasi Daerah untuk tiga wilayah tersebut. Mengingat tiga daerah tersebut sangat jauh kalau harus menyelesaikan sengketanya di Palembang, sebagaimana telah diatur dalam Perki No 1 tahun 2013 (Proses penyelesaian Sengketa Informasi Publik dilakukan berdasarkan asas cepat, tepat, biaya ringan, dan sederhana).

Desakan tersebut menurut Nuniek akan dituangkan juga dalam surat yang akan ditujukan kepada Pemda terkait.

Kabag Humas Setda Kabupaten Musirawas, Edy Zainuri telah menyampaikan, Senin (16/09) dan telah diterbitkan pada KabarSumatera, Selasa (17/09) lalu bahwa draft revisi Peraturan tentang PPID sudah selesai tinggal menunggu pengajuan dari Bagian Hukum ke Bupati untuk dapat dikoreksi.

“Draft Peraturan tentang PPID sudah di bagian Hukum untuk diajukan ke Bupati, saat ini kami belum tahu kelanjutannya,” kata Edy Zainuri.

Sedangkan Kabid Kominfo, Dinshub Kominfo Kabupaten Musirawas, Azhar menyampaikan, Selasa (25/09) melalui Hp-nya 08217789XXX bahwa mengenai PPID ini telah dituangkan dalam draft Perbup dan dari informasi sebelumnya diketahui sudah di Bagian Hukum.

“Menindak lanjuti tentang PPID, beberapa waktu lalu juga Pemkab Musirawas telah mengirimkan beberapa pejabat terkait untuk mengikuti pelatihan di Jakarta yang diselenggarakan salah satu NGO dan saat ini kami belum mengetahui hasil dari pelatihan tersebut,” ungkap Azhar.

Sementara itu, Kabag Hukum Setda Musirawas, Mukhlisin ketika dihubungi melalui hp-nya tidak diangkat di sms belum sempat dibalas.

Teks: Faisol

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster