KPU Lubuklinggau Data Ulang Calon Pemilih

 238 total views,  2 views today

kpu

LUBUKLINGGAU I KS-Komisi Pemilihan Umum ( KPU)  Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan melakukan pendataan ulang terhadap mata pilih di daerah itu, karena diduga ada yang ganda.
Berdasarkan data yang didapat dari Program Sistem Informasi Data Pemilih KPU, di wilayah itu ada mata pilih ganda sebanyak 8.056 jiwa, kata Divisi Teknis KPU Lubuklinggau Topandri, Rabu (25/9) kemarin .

Ia mejelaskan, ada dua kategori mata pilih ganda yaitu kategori satu (KI) jika ditemukan ada dua kesamaan, misalnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) sama kendati alamat berbeda, bisa juga nama dan alamat serta NIK sama.

Sedangkan kategori dua (K2), jika ada satu parameter yang sama, seperti nama sama, atau NIK-nya saja sama, namun di antara kedua kategori tersebut yang paling banyak ternyata pada kategori kedua, katanya.

“Beberapa temuan kami, memang banyak yang pindah namun tidak melaporkan, sepeti warga asal Lubuklinggau, ternyata kini terdata berada di Aceh dengan nama NIK dan tanggal lahir sama, Cuma alamat beda, satu alamat Lubuklinggau satu lagi alamat Aceh,” jelasnya.

Temuan rata-rata seperti itu, sehingga pihaknya kini terus bekerja keras dengan melibatkan PPK dan PPS untuk mengecek langsung kelapangan.

“Kami targetkan selesai pada 5 Oktober 2013 untuk melakukan pengecekan di lapangan, sehingga pada batas akhir 10 Oktober 2013 sudah selesai semua,” katanya.

Semetara itu kasus ditemukan di Kecamatan Lubuklinggau Timur II, namun belum bisa dipastikan adanya mata pilih ganda dan masih dalam proses penelitian.

“Kami masih menganalisis data pemilih di wilayah itu, karena diperkirakan adanya kesalahan teknis sehingga belum bisa dikatakan ganda,” tambahnya.

Teks: Supriadi

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster