Bappeda Adakan Forum Konsultasi Publik Penyusunan RPJMD

 230 total views,  2 views today

Tampak suasana berlangsungnya Forum Konsultasi RPJMD.

Tampak suasana berlangsungnya Forum Konsultasi RPJMD.

MUARAENIM I KS-Guna memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat sesuai aspirasi yang berkembang melalui mekanisme yang berlaku. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muaraenim menggelar Forum Konsultasi Publik Penyusunan RPJMD Kabupaten Muaraenim tahun 2013 – 2018, bertempat di Aula RSUD Rabain Muaraenim, Selasa (24/9) kemarin.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai dinas dan instansi di wilayah Pemkab Muaraenim serta perusahaan, ormas dan LSM di Kabupaten Muaraenim. Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Muaraenim,  H. Nurul Aman, perwakilan dari Kementrian Dalam Negeri, Ir. Bachril Bakri. MAPP, SC.

“Penyusunan RPJMD telah diamanatkan dalam Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. RPJMD ini selanjutnya menjadi pedoman bagi seluruh SKPD dalam menyusun Rencana Strategis,” tutur Kepala Bappeda Muaraenim, Abdul Najib, saat memaparkan RPJMD di hadapan tamu undangan yang hadir.

Penyusunan dokumen RPJMD Kabupaten Muaraenim 2013 – 2018 ini, terang Najib, adalah untuk menjabarkan visi, misi dan program Bupati dan Wakil Bupati terpilih dengan tetap berpedoman kepada RPJM Provinsi Sumatera Selatan dan mengacu pada Rencana Pembangunan Menengah Nasional (RPJMN).

Penentuan isu strategis, lanjut Najib, menjadi bagian penting bagi keseluruhan penyusunan RPJMD Kabupaten Muaraenim 2013 – 2018, karena dari tahap ini akan diketahui apakah tantangan utama yang harus diselesaikan oleh Kepala Daerah beserta jajaran SKPD selama lima tahun ke depan.

“Penentuan isu strategis didahului dengan review terhadap kebijakan pembangunan nasional dan agenda pembangunan internasional yang relevan dalam memberi arah bagi pembangunan Kabupaten Muaraenim,” terang Najib.

Sementara itu, Nurul Aman saat menyampaikan sambutannya seusai membuka secara resmi kegiatan Forum Konsultasi Publik penyusunan RPJMD mengatakan, dirinya atas nama Pemkab Muaraenim dan seluruh masyarakat Pemkab Muaraenim mengucapkan terima kasih kepada tim dari Kemendagri yang telah berkenan untuk bersama-sama Pemkab Muaraenim dalam menyusun dokumen perencanaan lima tahunan ini.

“Forum Konsultasi Publik ini sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Diharapkan juga melalui forum ini, secara bersama-sama kita berupaya merancang untuk mewujudkan Kabupaten Muaraenim di masa yang akan datang yang Sehat, Mandiri, Agamis dan Sejahtera di bumi serasan sekundang,” ucap Nurul Aman.

Teks : Siswanto

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster