Atasi Masalah Listrik, Pagaralam Siapkan Pembangunan PLTM

 270 total views,  2 views today

pln

Ilst.

PAGARALAM, KS—Upaya mencari solusi terbaik dalam rangka mengatasi masalah listrik untuk sejumlah kawasan di Pagaralam, Pemerintah Kota  (Pemkot) Pagaralam tengah merencanakan Pembangunan Listrik Tenaga Minihydro (PLTM) yang nantinya akan berada di lokasi Kelurahan Kance Diwe I dan Kance Diwe II, Kecamatan Dempo Selatan. Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)   KotaPagaralam, Ir  Zulkifli Idrus MSi, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, pihak Bappeda sudah mempresentasikan rencana tersebut kepada Walikota Pagaralam. Rencananya, jika ditinjau dari produksi daya, PLTM tidak termasuk tegangan tinggi, sehingga tidak menimbulkan dampak lingkungan sehingga tidak memerlukan AMDAL. Namun hal itu berbeda dengan PLTA yang berdaya di atas 10 megawatt dapat beresiko besar, tapi  semua ini mesti dipertimbangkan untuk uji kelayakannya  terlebih dahulu

“PLTM merupakan salah satu jenis kegiatan yang ramah lingkungan dan begitu  cocok dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan sumber pengadaan energy listrik.  Terutama bagi masyarakat yang berada di daerah pedesaan, termasuk pula untuk Pemerintah Kota Pagaralam,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni MKes menyambut baik rencana tersebut.  Ia mengatakan, hal ini merupakan sumbangsih yang begitu besar diberikan untuk  Pagaralam, jika perusahaan itu mampu membangun PLTM.

“Bisa dipastikan adanya PLTM ini dapat menyelesaikan masalah kelistrikan di Pagaralam, bahkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat hingga ke pelosok desa demi meningkatkan perekonomian rakyat dengan pendapatan yang akan diberikan juga untuk Pemerintah Kota Pagaralam,” ujarnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster