Target ¼ Total Medali Emas

 466 total views,  2 views today

Renang

Renang

PALEMBANG | KS-Sebanyak 40 medali emas dipastikan bakal diperebutkan para kontingen yang bertarung pada ajang Islamic Solidarity Games (ISG) III 2013, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), di cabang olahraga (Cabor) Renang.

Dari jumlah tersebut, terdapat 18 negara yang akan berpartisipasi untuk memperebutkannya. Termasuk tuan rumah Indonesia, yang pada cabor ini menargetkan dapat memboyong sepuluh medali emas atau seperempat dari jumlah keseluruhan.

Dijumpai usai Technical Meeting (TM) renang di venue Aquatic, kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Senin (23/9) kemarin, Pelatih Renang Indonesia, Albert C. Sutanto mengungkapkan jika timnya sangat menatap serius ajang yang mempertadingkan total 13 cabor ini.

Meski hanya dianggap sebagai ajaang try out untuk para atlet, namun bukan berarti Timnas Indonesia tak memiliki target membawa pulang medali emas. Pasalnya, atlet-atlet yang turun di cabor ini, terdapat atlet andalan Indonesia yang disiapkan untuk berlaga pada Sea Games 2013, Myanmar, akhir tahun ini.

“Dari total 40 medali emas yang akan diperebutkan, kami memasang target dapat merebut sepuluh di antaranya,” kata Albert.

Untuk merealisasikan target ini, Indonesia akan menurunkan sebanyak 20 atlet, sebelas putri dan sembilan putra. Sebagai tumpuan, I Gede Siman Sudartawa dan Triadya Fauzy (putra) serta Yessy Vennisa Yosaputra dan Monalisa Arieswaty Lorenza (putri) yang telah teruji akan sangat diharapkan.

Sebagai acuan, Gede Siman sebelumnya telah mengukir prestasi pada ajang Sea Games 2011 lalu. Meraih empat medali emas yang tiga di antaranya didapat dari nomor perorangan, 50 meter, 100 meter dan 200 meter gaya punggung serta di nomor estafet 4×100 meter gaya ganti bersama tim estafet renang Indra Gunawan, Glenn Victor dan Triadi Fuadi.

Sedangkan Triadya Fauzy merupakan atlet peraih tujuh medali emas dan satu perak di PON Riau 2012, serta peraih medali emas nomor 50 meter gaya bebas putra senior kejuaraan Singapore Nationel Age 2013. “Baik Putra maupun Putri merupakan andalan Indonesia di Cabor Renang yang telah menyumbang medali emas bagi Indonesia” ujarnya.

Ia menilai, dari beberapa negara peserta yang berpratisipasi ada beberapa negara yang kuat di cabor Renang seperti Mesir, Turki, Malaysia dan Azerbajian. Secara keseluruhan, Albert mengakui jika tidak mengetahui kekuatan keseluruhan negara peserta namun ia berpendapat jika negara peserta memiliki andalan disetiap nomor yang dipertandingkan.

“Nomor andalan kita di 50, 100 dan 200 meter gaya punggung putra, 4×100 meter estafet putra dan 100 gaya bebas putra dan 2000 gaya punggung putri. Secara keseluruhan kita buta kekuatan negara timur, jika melihat sekilat latihan ada beberapa negara yang terlihat kuat di beberapa nomor,” pungkasnya.

Sementara itu, Suroyo ketua pelaksanan cabor Renang mengatakan dari sejak dibuka pendaftaran cabor Renang ada 18 negara peserta yang berpratisipasi dalam event ini, kesemua negara tersebut tak ada yang mengundurkan diri. “Ovel all mereka yang mendaftar tak ada yang mengundurkan diri,” katanya.

Meski keseluruhan negara berpratisipasi, namun tidak semua nomor di ikuti oleh negara peserta tersebut. Rata-rata yang diikuti oleh peserta kebanyakan di nomor pendek. “Kita belum tahu pasti beberapa atlit yang berlaga di seluruh nomor karena dari data yang kita terima saat pendaftaran ada beberapa atlit yang tidak ikut berlaga,” tutupnya.

Jadwal pertandingan Cabor Renang, Selasa (24/9):

Babak Heat (penyisihan) pukul 09:00 WIB

1. 400 M Individual Medley       ( Male)
2. 200 M Freestyle                     (Female)
3. 200 M Breastsroke                (Male)
4. 100 M Butterflystroke           (Female)
5. 50.  M Butterflystroke           (Male)
6. 4×100 M medley Rela             (Female)

Babak Final pukul 18:00 WIB
1. 400 M Individual Medley        ( Male)
2. 200 M Freestyle                      (Female)
3. 200 M Breastsroke                 (Male)
4. 100 M Butterflystroke            (Female)
5. 50.  M Butterflystroke            (Male)
6. 4×100 M medley Rela             (Female)

TEKS: SADAM MAULANA

EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster