Bupati Buka Acara Lomba Mengarang Tingkat Kabupaten Muba

 353 total views,  2 views today

Sambutan Bupati Muba H Pahri Azhari pada acara pembukaan lomba mengarang dan peresmian operasional kantin (photocopy) dan pelat

Sambutan Bupati Muba H Pahri Azhari pada acara pembukaan lomba mengarang dan peresmian operasional kantin (photocopy) dan pelat

SEKAYU I KS-Bupati Musi Banyuasin, H Pahri Azhari membuka secara resmi kegiatan lomba mengarang tingkat SLTA se-Kabupaten Muba, pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa, serta bimbingan teknik (bimtek) pengelolaan kearsipan desa, yang diselenggarakan oleh

Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Kabupaten Muba. Pada kesempatan tersebut Bupati Muba, juga menyerahkan bantuan pengembangan perpustakaan sekolah dan desa diantaranya berupa buku, rak buku, kipas angin. Pemkab Muba juga telah membantu pengembangan perpustakaan dan arsip di 70 titik di 14 kecamatan dalam kabupaten.

Bupati Muba, H Pahri Azhari dalam sambutannya menyatakan bahwa, keberadaan perpustakaan sangat penting, untuk itu tidak hanya di sekolah saja, di Kabupaten Muba di setiap desa diupayakan ada perpustakaan dan pemerintah Kabupaten Muba juga sudah

memberikan bantuan sarana prasarana, di samping peningkatan pembangunan infrastrukturnya, guna meningkatkan minat baca masyarakat, karena buku adalah jendela dunia,” ujarnya.

Menurut Kepala BPAD Muba Dewi Kartika SE, MSi kegiatan lomba dan bimtek untuk memeriahkan HUT ke- 68 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-57 Kabupaten Muba Tahun 2013, serta implementasi dari amanat Undang-undang Republik Indonesia yang mewajibkan Pemerintah Daerah untuk selalu mempromosikan dan meningkatkan minat baca masyarakat, serta melalui BPAD melakukan sosialisasi dan membangun kesadaran tentang tata cara mengelola dan menyimpan arsip dengan baik, di samping menumbuhkembangkan generasi muda gemar membaca.

Kabag Humas Setda Kabupaten Muba, Dicky Meiriando SSTP,MH, menambahkan pada hari yang sama juga dilakukan peresmian kantin/Photocopy Dharma Wanita Persatuan BPAD Muba, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Ketua Dewan Penasehat DWP Muba, Hj Lucianty Pahri.

Untuk lomba mengarang tingkat SLTA dengan tema “Pahri Azhari Bupatiku” dan “Membaca untuk mencerdaskan bangsa”, diikuti 60 peserta 14 kecamatan dalam kabupaten hasil seleksi dari 200 peserta yang mengirimkan karyanya. Pemenang lomba mengarang juara I,II,III dan harapan I,II,III masing-masing mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan total senilai Rp13 juta lebih. Setelah mendapat tambahan masing-masing satu juta rupiah dari Bupati Muba H Pahri Azhari, trofi dan piagam penghargaan.

Tim juri lomba berasal dari Perpustakaan dan Arsip Nasional RI, Badan Perpustakaan Provinsi, BPAD Muba, UNSRI dan Poltek Sekayu, dan bagi pemenang pertama akan diikutsertaan pada lomba mengarang tingkat Provinsi Sumatera Selatan tanggal 8 Oktober mendatang.

Sementara itu, untuk lomba mengarang dan pelatihan pengelolaan perpustakaan sekolah  desa diikuti 70 orang peserta dilaksanakan tanggal 23-24 September 2013 sementara bimtek pengelolaan arsip desa diikuti 70 orang sekretaris desa yang dilaksanakan tanggal 25-26 September 2013 di Wisma Atlet Sekayu. Turut hadir pada acara pembukaan lomba dan pelatihan kearsipan tersebut Ketua DPRD Muba, FKPD, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, dan para dewan juri.

Teks: Rilis Humas Muba,

Foto: Andrie Juniarta

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster