2015, APBD Palembang Capai Rp5 T

 136 total views,  2 views today

anggaran

Ilst. Anggaran

PALEMBANG, KS-Selama ini, Pemerintah Kota (pemkot) Palembang selalu mengeluhkan kesulitan untuk membiayai pembangunan di kota empek-empek ini. Pasalnya, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Palembang terbilang untuk ukuran kota besar terbilang kecil yakni Rp1,8 trilyun. Dari APBD tersebut, 50 persen lebih digunakan untuk membayar gaji pegawai.

Karenanya menurut Wali Kota Palembang, Romi Herton, pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palembang harus di genjot sehingga APBD Kota Palembang pun bisa meningkat. Dengan demikian, pemkot sebutnya bisa membiayai lebih banyak pembangunan di kota tua ini.

Untuk meningkatkan pendapatan tersebut,  sektor wisata menjadi salah satu sektor andalan yang akan dikembangkan. Pemkot menurut Romi, akan melengkapi fasilitas dan memperbaiki objek wisata di Palembang seperti Benteng Kuto Besak (BKB), Pulau Kemaro dan beberapa objek wisata lainnya.

Selain sektor wisata, sektor industri pun diharapkan Romi bisa berkembang pesat sehingga bisa menyumbangkan pendapatan untuk PAD Kota Palembang.  “Saat ini APBD Palembang Rp1,8 triliun, 2014 akan menjadi Rp3 triliun. Di 2015, kita targetkan APBD Kota Palembang mencapai Rp5 trilyun. APBD Kota Palembang nantinya, akan sama seperti APBD Sumsel,” ungkapnya optimis.

Untuk mewujudkan itu semua, Romi mengatakan ia memerlukan dukungan semua pihak, termasuk masyarakat Palembang. Karena menurutnya pembangunan Palembang ini, untuk masyarakat juga. “Masyarakat bisa menjaga aset-aset daerah, jangan malah dirusak. Misalnya merusak taman, lampu di ambil, ini merupakan prilaku buruk yang harus dihilangkan,”imbuhnya.

Romi berharap, semua stakeholder bisa menjaga aset daerah yang ada. Kemajuan Palembang akan menjadi kebanggaan masyarakat Palembang. “Mari kita jaga keamanan, ketertiban dan keindahan Kota yang kita cintai ini,”himbaunya.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster