Warga Kecamatan Air Sugihan Keluhkan Sumber Air bersih

46 total views, 3 views today

air-bersih

KAYU AGUNG,KS-Warga Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI), sampai saat ini masih kebingungan mendapatkan sumber air bersih. Terpksa warga hanya mengandalkan air hujan atau membeli air galon untuk keperluhan sehari-hari.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, kecamatan air pesugihan merupakan kawasan paling jauh dari pusat kota Kabupaten OKI, dengan letak sebelah timur berbatasan dengan Selat Bangka, mempunyai 19 desa yang kebanyakan terletak  di pesisir atau perairan yang kebanyakan desa daerah tersebut berada di dataran rendah.

Sebenarnya warga sudah sering membuat sumur atau sejenisnya namun usaha mereka kandas lantaran air sumur tersebut kebanyakan keruh, dari kejadian tersebut warga terpaksa mengandalkan air hujan atau membeli air gallon untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan dan minim.

Menurut Adi salah satu warga Kecamatan Air Sugihan, jika mereka sangat kesusahan dalam mendapatkan air bersih selama ini. Bahkan masalah ini sudah sampai bertahun-tahun belum ada solusi konkrit dari pemerintah setempat dalam mengatasi masalah ini.

Menurutnya, masyarakat sering membuat sumur untuk mendapatkan air bersih namun air tersebut hasilnya kebanyakan keruh dan tidak layak untuk dikonsumsi, ya, terpaksa hanya mengandakan musim hujan atau membeli air gallon.

Ia berharap melalui media ini keluhan masyarakat Kecamatan Air Sugihan dapat terdengar dan dapat ditindak lanjuti oleh Pemkab OKI.  Ia mengaku sudah sering memohon kepada pemerintah setempat untuk mencari jalan keluar mengenai masalah air bersih ini, namun sampai saat ini belum ada implementasi secara nyata dan kami masih menunggu dan menunggu.

Sementara itu menurut salah satu tokoh masyarakat Air Sugihan, Burlian, mengatakan, jika permasalahan air bersih di desanya memang saat ini masih menjadi masalah yang selalu menghantui, namun pihaknya akan terus mencoba agar permasalahan ini cepat dicari jalan keluarnya.

Menurutnya warga di Kecamatan Air Sugihan ini sudah sering membuat air sumur namun hasilnya tetap keruh dan tidak layak untuk dikonsumsi, ya pak wajar saja selain tanah di sini gambut daerah ini juga merupakan daerah pesisir atau perairan. Warga di sini untuk mendapatkan air bersih dengan air hujan atau membeli air gallon, ya semoga dengan media ini penderitaan kami dapat tersampaikan di pusat kota Kabupaten OKI dan segera menemukan solusi kongkrit dari pemerintah.

Teks: Emil Hidayat

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com