Pemkot Pagaralam Prioritaskan Jalan Lingkar Hingga 2015

47 total views, 3 views today

Ilst Jalan Lingkar | Antaranews.com

Ilst Jalan Lingkar | Antaranews.com

PAGARALAM, KS—Seiring lajunya perkembangan infrastruktur yang ada, Pemkot Pagaralam prioritaskan pembangunan jalan Lingkar Barat dan Lingkar Timur  yang meliputi kawasan Pagaralam Utara dan Pagaralam Selatan, hingga 2015 mendatang. Diimbau kepada seluruh masyarakat yang terkena pelebaran jalan tersebut agar dapat membantu percepatan proses pembangunan jalan lingkar yang ada. Demikian dikemukakan Sekda Kota Pagaralam, Drs H safrudin MSi, Minggu (21/9) kemarin.

Menurutnya, bagi warga yang terkena pembangunan jalan lingkar diharapkan agar dapat membantu percepatan proses pembangunan, mengingat infrastuktur yang ada untuk kepentingan bersama.

“Diimbau agar masyarakat dapat membantu percepatan proses pembangunan jalan lingkar dengan menghibahkan lahan yang terkena pembangunan. Karena lahan yang terkena pembangunan jalan lingkar tidak ada istilah ganti rugi melainkan hibah,” kata dia.

Ia mengatakan, memprioritaskan pembangunan infrastruktur sebetulnya sebagai salah satu upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Bumi Besemah ini. Bisa dikatakan sebagai gerak cepat pembangunan infrastruktur dalam rangka penanggulanan kemiskinan. Karena infrastruktur merupakan pilar penting untuk menggerakkan ekonomi daerah, seperti pembangunan jalan, air bersih, irigasi dan lainnya.

“Meski begitu, pembangunan infrastruktur yang ada masih menemui banyak kendala dalam pelaksanaannya, mengingat peran serta masyarakat dalam membantu percepatan proses pembangunan belum begitu optimal dalam hal hibah lahan yang terkena pembangunan. Sehingga infrastruktur yang ada belum mencapai ke tahap ideal untuk menjadi pilar dalam menggerakkan ekonomi,” kata dia lagi.

Pemerintah, kata dia, bukannya tidak paham tentang arti penting infrastruktur, apalagi anggaran belanja pembangunan jalan di Pagaralam terus meningkat sejak diterapkannya otonomi daerah. Sebab itu, diimbau kepada masyarakat yang lahannya terkena pembangunan agar dapat membantu percepatan proses pembangunan demi  kepentingan bersama.

“Kami mengharapkan agar masyarakat maupun pihak terkait dapat saling bersinergi dengan program yang sudah dicanangkan ini baik proses perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan. Sehingga dapat menunjang percepatan target kinerja dalam mensejahterakan rakyat, ” ujarnya

Sementara disinggung adanya rencana pembangunan terminal induk, Sekda mengatakan, sejauh ini pihaknya tengah menyiapkan lahan milik pemkot seluas 12,5 Ha di belakang Makam Pahlawan, Kecamatan Dempo tengah. Rencana pembangunan terminal induk diperuntukan untuk angdes, angkot, bus antar kota maupun truk bongkar muat. Sementara Terminal Nendagung menampung angkutan dalam kota saja

“Memang, untuk kawasan Dempo Tengah dan Dempo Selatan, pihaknya baru hanya memiliki terminal penyangga yang terletak di kawasan kantor Dishubkominfo. Tahun 2014 mendatang akan dibangun terminal induk diatas lahan seluas 12,5 Ha yang berlokasi dibelakang Makam Pahlawan, Kecamatan Dempo Tengah,” imbuhnya.

Teks : Antoni Stefen

Editor: Sarono P Sasmito





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com