Daftar Sekarang, Berangkat 12 Tahun Lagi

 250 total views,  2 views today

Jemaah Calon Haji (CJH) kloter pertama embarkasi Palembang, kemarin mulai diberangkatkan ke tanah suci, Mekkah

Ilst. Jemaah Calon Haji (CJH) kloter pertama embarkasi Palembang, kemarin mulai diberangkatkan ke tanah suci, Mekkah

PALEMBANG, KS-Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin mengatakan dia selalu cemburu setiap kali melepas keberangkatan calon jemaah haji. “Karena untuk berangkat haji semakin hari semakin sulit. Tapi kita di sini mendoakan agar jemaah bisa menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya hingga Wukuf di  Arafah,” kata Alex, kemarin seperti dikutip buletinmetropolis.com.

Alex Noerdin mengatakan, selama 3 tahun berturut-turut kuota haji dipotong 20 persen karena ada renovasi di Masjidil Haram. Sehingga merupakan suatu berkah bagi jemaah yang bisa berangkat tahun ini. “Alhamdulilah ini berkah  bagi yang berangkat. Karena kuota haji dibatasi hingga tiga tahun ke depan, jadi yang daftar sekarang berangkat 12 tahun lagi.”

Alex berpesan kepada para jemaah untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar menjadi haji mabrur. Selain itu, dia mengimbau kepada jemaah untuk menjaga kesehatan.

Soal kuota haji, Alex mengatakan akan memanfaatkan even Islamic Solidarity Games III di mana Palembang, Sumsel jadi tuan rumah, untuk melobi Arab Saudi agar menambah kuota khusus jemaah haji Sumsel.

“Melalui even ISG ini, saya akan meminta Arab Saudi agar kuota Sumsel ditambah. Sehingga jemaah bisa menunaikan ibadah haji tidak menunggu waktu hingga puluhan tahun,” ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, Pemprov Sumsel memberikan uang saku senilai Rp 1 juta kepada JCH asal Sumsel. Alex berharap uang tersebut dapat membantu kebutuhan jemaah di Tanah Suci.

“Provinsi Sumsel merupakan provinsi pertama yang memberikan uang saku kepada JCH. Oleh karena itu, gunakanlah uang itu untuk kebutuhan yang mendesak seperti transportasi,” kata Alex pula.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Syofwatilah Mohzaib, mengatakan, pelayanan jemaah haji di embarkasi Palembang sudah maksimal. Kepada petugas haji dia berpesan untuk melaksanakan tugas dengan baik, karena berangkat dengan menggunakan uang rakyat. “Dahulukan kepentingan jemaah, bukan kepentingan diri sendiri. Karena akan berdosa jika kita melalaikan tugas dan tanggung jawab,” tegas dia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel, Najib Haitami, mengatakan, total JCH kloter pertama sebanyak 359 orang, terdiri atas 354 JCH dan 5 petugas haji. Sebetulnya, ada 355 JCH, tapi satu orang JCH asal Lubuk Linggau tertunda keberangkatannya karena hamil. Ia akan berangkat tahun depan.

Adapun perincian 355 jemaah itu, 32 orang asal Empatlawang, 142 orang asal Lubuklinggau, dan 181 orang asal Palembang. Mereka akan mendapat makhtab 16 di Mekkah dari Jumaizah, dengan nomor rumah 314.

Najib menambahkan, dari 354 JCH, sekitar 40 persen merupakan risiko tinggi usia lanjut. Karena itu, ia mengimbau petugas haji agar mengawasi betul jemaah dengan risiko tinggi tersebut.

Ditanya soal daftar tunggu keberangkatan haji, Najib menerangkan, mereka yang mendaftar minggu lalu keberangkatannya pada 2024. Namun, bagi yang mendaftar mulai Senin (16/9) sudah memasuki daftar tunggu untuk 2025. ”Daftar tunggu kita sudah mencapai sekitar 60.000 orang. Jadi keberangkatannya sekitar 12 tahun lagi,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster