2014, Palembang Terima PNS

 150 total views,  2 views today

ilstrasi-pns

Ilst. PNS

Kabar gembira bagi masyarakat Kota Palembang, yang ingin menjadi abdi negara di lingkungan Pemerintah Kota (pemkot) Palembang.  Pasalnya,setelah dua tahun tidak adanya penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), tahun depan dipastikan pemkot akan melakukan seleksi CPNS.

Kepastian itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kota Palembang, Kurniawan ketika dibincangi, kemarin. Ia menyebut, setiap tahunnya jumlah ada ratusan pegawai di lingkungan pemkot yang pensiun.

“Setiap tahun, lebih dari 700 pegawai yang pensiun. Sehingga banyak tempat kosong, sehingga perlu segera di isi terutamanya tenaga teknis. Karenanya kemungkinan, 2014 kita akan melakukan seleksi CPNS,” jelas Kurniawan ketika dibincangi, kemarin.

Bagaimana dengan tenaga honorer  katagori 2 (K2) ?, mantan Camat Ilir Barat (IB) I ini menyebut, tahun ini adalah pengangkatan terakhir CPNS dari formasi honorer. Tahun depan bebernya, tidak ada lagi pengangkatan CPNS dari tenaga honorer K2 sehingga pemkot bisa mengajukan pengangkatan pegawai dari formasi umum ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Ia juga menjelaskan, dengan tidak adanya lagi pengangkatan CPNS dari honorer ini maka pemkot akan melakukan analisa jabatan (anjab) untuk mengetahui kebutuhan pegawai dan penempatan pegawai agar sesuai jabatan yang kosong karena ditinggalkan pegawai yang pensiun bisa tetap berjalan.

“Anjab ini, kita lakukan di semua SKPD dilingkungan pemkot. Dari 10 ribu PNS dan honorer di lingkungan pemkot, harus dianalisa secara detail berapa kebutuhan pegawai di setiap unitnya. Jika diketahui ada SKPD yang kelebihan pegawai, maka kelebihan itu dialihkan ke SPKD yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara bagi pegawai teknis yang keperluannya mendesak, hasil analisa ini nantinya bakal menjadi acuan pemkot untuk mengusulkan pada Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB). Sebelum pengajuan ini dilakukan, BKD-Diklat akan terlebih dahulu mengurangi kelebihan pegawai yang ada khususnya tenaga honorer.

“2083 honorer yang ada saat ini, kinerjanya bakal terus dievaluasi. Jika hasilnya tak maksimal, maka kontrak kerjanya akan dihapuskan. Sementara bagi honorer yang kerjanya baik, akan tetap diperpanjang kontraknya dan terus dilakukan evaluasi tiap tahunnya,”ucapnya.

Kurniawan menghimbau agar honorer yang ada saat ini, tahu dan tidak menggantungkan harapan besar untuk menjadi PNS. Sebab tegasnya,  pemerintah telah membuat kebijakan tidak ada lagi pengangkatan PNS melalui jalur honor. Sehingga diharapkan honorer ini paham dan bisa segera mengambil langkah, untuk mencari pekerjaan yang lebih menjanjikan bagi masa depan mereka.

Dia menyayangkan banyaknya honorer yang ada saat ini, sengaja tidak memilih dan menilik potensi kerja lainnya dengan harapan bisa diangkat menjadi PNS. Padahal pengangkatan lewat jalur honorer, sudah dihapuskan. “

“Saya himbau dan tegaskan sekali lagi, tidak benar dan tidak ada iming-iming honorer bakal diangkat jadi PNS sehingga mereka harus berpikir ulang dan mempertimbangkan tawaran pekerjaan yang datang. Jangan hanya menggantung nasib menjadi honorer dengan harapan akan diangkat menjadi PNS, sebab tidak ada lagi pengangkatan CPNS dari honorer,” tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster