KPU Butuh Ribuan Kotak Suara

 246 total views,  2 views today

kotak-suara

Ilst. Kotak Suara

PALEMBANG, KS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel), membutuhkan puluhan ribu kotak suara untuk pemilihan umum legislatif (pileg), 9 April 2014 mendatang. Banyaknya kebutuhan kotak suara tersebut karena setiap tempat pemungutan suara (TPS), butuh empat kotak suara.

Empat kotak suara di setiap TPS tersebut menurut komisioner KPU Sumsel, Kelly Mariana, dibutuhkan untuk kotak suara anggota DPRD kabupaten dan kota, anggota DPRD provinsi, kotak suara untuk DPR RI dan kotak suara untuk anggota DPD.

“Jika satu TPS butuh empat kotak suara, kalikan saja berapa banyak TPS di Sumsel. Untuk Palembang saja misalnya, ada 3000 TPS jika dikalikan empat artinya kita butuh 12 ribu kotak suara,” kata Kelly yang dibincangi, Jumat (20/9).

Dari 12 ribu kotak suara itu sebut Kelly, tentu tidak semuanya dalam kondisi yang baik. Jika ada 6000 kotak suara yang rusak artinya, KPU butuh 6 ribu  kotak suara lagi. KPU sambungnya, akan mendata berapa kebutuhan kotak suara untuk pileg.

Kemungkinan bebernya, pada awal Oktober nanti, KPU baru akan mengumpulkan kotak suara di seluruh kabupaten dan kota di Sumsel.   “Itu kita lakukan, untuk mengetahui berapa banyak kotak suara yang bisa dipakai dan berapa yang rusak. Yang rusak tentu perlu diganti, “ucapnya seraya menyebut belum mengetahui secara pasti apa jenis kotak suara tersebut, namun ada tiga jenis kotak suara yang bakal dibuat yakni dari bahan almunium, plastik dan kardus.

Bagaimana dengan pengadaanya ?, Kelly menyebut, KPU Sumsel nantinya yang akan melakukan pengadaan.  “Karenanya kita butuh data pasti, berapa jumlah kotak suara yang kita butuhkan untuk pileg mendatang,” tukasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya komisioner KPU Sumsel, Ong Barlian menyebut kemungkinan mata pilih di Sumsel untuk pileg 2014 mencapai 5.805.419 pemilih. Rinciannya, laki-laki sebanyak 2.922.128 orang sedangkan sisanya 2.883.291 orang adalah perempuan.

Jumlah pemilih tersebut tersebar di 228 kecamatan, 3.200 desa/kelurahan dan sebanyak 17.904 tempat pemungutan suara (TPS) di 15 kabupaten dan kota. “Data ini di dapatkan dari data daftar pemilih tetap (DPT) yang diserahkan KPU kabupaten dan kota di Sumsel. Namun berapa kepastian DPT untuk Sumsel, belum bisa kita pastikan. Sebab kita belum melakukan rekapitulasi untuk DPT Sumsel,” jelas Ong.

Lalu kapan, KPU Sumsel akan melakukan rekapitulasi tersebut ?, Ong menjawab sesuai jadwal, rekapitulasi akan dilakukan mulai  24 September-8 Oktober mendatang. “Diantara tanggal itulah, kita akan melakukan rekapitulasi,” ucapnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster